2011/3/16 Nyoman [D] <nyo...@royalperspective.com>:

> 1. Sudah dicheck gak ada 1 pun yang memasukan IP server saya ke dalam
> blacklist yang ada di mxtoolbox
>
> 2. mailserver ada di datacenter/dedicated/US, trus kalau mau relay ke
> mana  ya?  Apa bisa minta smtp server (agar direlay) ke pihak provider
> hosting ?

Kalau mau merelay, setupnya di mail server yang kita gunakan. Set saja
sementara waktu untuk merelay email keluar (atau spesifik email keluar
ke Hotmail) via SMTP server yang lain yang tidak diblacklist oleh
Hotmail

> 3. domainkeys 'sepertinya' sudah diset, tapi tidak/belum mengerti cara
> ngechecknya.. apa sudah benar atau belum

Bisa coba baca-baca di link berikut, siapa tahu bermanfaat, silakan
sesuaikan kalau menggunakan sistem yang berbeda :

http://vavai.com/2010/12/22/implementasi-domainkeys-pada-zimbra-sles-11-sp1-menggunakan-opendkim/

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto