>Apa ini bukan definisi CMS?
>phpnuke merupakan contoh CMS yang sempat populer.
>semuanya dikelola via browser, tapi bukan blog.

content-editing pun hanya salah satu ciri CMS, _bukan_ definisi CMS.
CMS lebih menekankan pada management contentnya.
misalnya sebuah artikel, ditulis oleh authornya, terus sebelum
dipublish ada
kemungkinan harus mendapatkan approval dari editor.
menurut saya CMS lebih ditekankan pada workflow managing sebuah
content.

kalau menggunakan CMS, sebuah content dapat dicek history nya, diff
nya,
siapa yang meng-update contentnya.
jadi mirip wiki yang tidak untuk publik, tapi ada management
workflownya.

kalau blog lebih ke arah sebuah journal atau diary, dalam arti proses
workflow nya jauh berbeda.
dan seperti penjelasan enda, awalnya blog itu suatu entry yg berisi
banyak links.
hal2 lain (calendar, archive, comments, trackback, etc) hanyalah
feature2 yang
berkembang sesuai jaman.
tentunya definisi blog akan berubah seiring waktu.

>demikian pula apakah slahdot itu blog? rasanya bukan ya?
>(atau iya?)

saya lebih cenderung slashdot lebih ke arah blog. tinggal dikasih
calendar,
terus suruh deh orang yg tidak familiar dengan slashdot (tapi punya
blog) utk melihat slashdot.org.
kemungkinan langsung dianggap blog.

>Mostly HTML coded by hand.

Ada alasan tertentu.