Email dari James A, 15 Apr 2005, 07:45:05 -0700:

> Kalau penjiplak (orang yang menjiplak) dalam bahasa indonesia disebut
> apa ? plagiaris ?
> Sepertinya penggunaan plagiator lebih umum.

---akhir kutipan---

Lho, bukankah anda sudah menyebutkan di depan itu? "Penjiplak", he...
he...

Sepengetahuan saya yang sedikit tentang pembentukan istilah dalam Bahasa
Indonesia, ada dua cara:

- disalin begitu saja dari istilah aslinya termasuk bentuk turunan, dengan
  mengikuti kaidah ejaan BI, contoh:
  * active -> aktif
  * activity -> aktivitas
  * activation -> aktivasi

- hanya bentuk dasarnya yang diambil, bentuk jadiannya mengikuti aturan
  dalam BI, contoh:
  * active -> aktif
  * activity -> keaktifan
  * activation -> pengaktifan

Kedua pandangan di atas punya argumen masing-masing.

Rujukan:
* Istilah: Kata Aneh Sebagai Istilah Bahasa Indonesia
http://www.geocities.com/Athens/Olympus/7484/Arsip/KataAneh9710.htm

--
amal

BOFH excuse #416: