>  1. Apakah software-software (umumnya ditawarkan oleh spammer) yang mengaku
> berlisensi OEM seperti yang dijual di sini http://www.softplenty.biz/
> bersifat legal?
>  Setahu saya, pengertian software OEM adalah: software (legal) yang
> diberikan saat kita membeli sebuah komputer dan software tersebut hanya
> untuk dipasang di perangkat itu.

Saya pernah ngundang microsoft waktu proses pembelian beberapa license
OLP untuk windows XP dan office nya. Dari mereka saya tahu, OEM
(Original Equipment Manufacture) itu diinstall di "pabrik" hanya
berlaku 1 PC dan tidak bisa di transfer ke PC lain. Jadi kalau ada OEM
yang dijual bebas, harusnya ilegal. Tapi

>  2. Apa bukti legalitas sebuah software ? Apakah cukup dengan menunjukkan
> hologram yang tertera di komputer kita (OEM case)? Atau box yang menyertai
> CD
>  yang kita beli ? Atau apa ?

Yang ini belum nanya ke mereka lagi :D

*yanggagalimplemetlinuxdesktopdikantor :((*

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id