On Tue, Nov 15, 2005 at 01:12:49PM +0700, boy avianto wrote:

> Kalau saya dulu untuk GPS, tapi sejak kembali ke tanah air butuh
> untuk Synchronize Address Book. Terasa sekali waktu kehilangan HP
> kemarin, data masih safe somewhere else =).

Amen to that. Saya juga kadang2 ngebackup address book di HP ke
Evolution pake MultiSync lewat Bluetooth. Just in case kenapa2.

> Selain itu penggunaan Bluetooth untuk presentasi/ngajar, dipakai
> untuk mengendalikan notebooknya via handphone, jadi bisa jalan2
> sambil presentasi. Biar mirip2 Steve Jobs hehehe.

Saya baru dapet "mainan" dari prof saya. Alatnya lebih kecil dr
handphone, bisa detect heart rate dan ECG, trus ada 2-axis
accelerometernya juga. Wearable dan wireless, pake bluetooth utk
connect ke PDA atau computer utk baca raw datanya lewat SPP (serial
port profile). Dalemnya ada SD card juga yg mencatat datanya.

Alat ini tempo hari pernah dipake sama pelari marathon yg bawa mobile
phone/PDA dab bluetooth GPS. Trus PDA itu melaporkan readingnya lewat
internet (GPRS), org lain juga bisa ngikutin secara real time dr
internet. Jadi ada petanya, pas di titik ini heart ratenya gimana,
ECG, dsb. http://www.geekzone.co.nz/content.asp?contentid=4369

Tapi itu contoh yg gak umum. GPS memang salah satu device yg paling
populer skrg. Bluetooth yg lebih bisa umum dan masih berguna contohnya
(selain yg dibilang Boy) handsfree headset, ad-hoc networks (MANETs),
dan basically hampir semua device yg pake USB itu bisa dibiruin
giginya kalo mau, mulai dr printer, flash disk, digital camera, dll.
Cuma ya ada limitasi speed (think USB hard disks). Kebanyakan wired
device yg menjadi wireless malah memilih langsung ke 802.11. Saya
pikir antara 802.11 dan bluetooth ada sedikit overlap, tapi ada
nichenya masing2 juga. Bluetooth awalnya didesign utk lebih simple dlm
operationalnya, devices bisa saling mengenali sendiri, handshake dan
langsung exchange data otomatis. Itu at least designnya begitu.

Ronny