On 11/22/2005 at 10:14 AM Pakcik wrote:
>Sekarang udah banyak di Jakarta ginian Pak. Gak perlu BHTV. Intinya
>mereka reseller. Jualan di Indonesia.

Reseller belum tentu bisa melakukan customization, yang saya temukan biasanya
mereka cuma jual, lalu untuk customizenya mereka refer ke third-party.

Duitnya gila-gilaan lho, harga produknya mungkin cuma 100 ribu dolar, tapi
biaya customizationnya (agar sesuai dengan kebutuhan dari customer ybs) bisa
sejuta dolar, dan memakan waktu berbulan-bulan.

Saya sudah lihat sendiri ada sebuah perusahaan kecil (< 10 orang), tapi mereka
kaya bukan main karena mereka bisa customize SAP, berbagai produk CRM, dst.
(eh, ternyata sebetulnya mereka cuma sub-kontrakkan lagi sebetulnya, hehe)

Salam,
Harry

Kirim email ke