On 12/30/05, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 12/30/05, Muhamad Carlos Patriawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mungkin Pak Budi bisa cerita lanjut mengenai skenario b) dimana ada R&D
> yang tidak membuat produk ? siapa pemiliknya ? tujuanya ? sektor ?
> pendanaan ? contoh realnya ? hasil outputnya selama ini ?

Saya ambil contoh:
- Ada yang didanai oleh pemerintah. Contoh PAUME :) ha ha ha,
  MIMOS (di Malaysia), IMEC (di Belgia), Minitel (Perancis),
  saya tidak tahu apakah Eykman institut termasuk yang didanai
  oleh pemerintah atau swasta.
  Contoh lain: pusat2 penelitian di perguruan tinggi. Ada banyak
  dan di seluruh dunia!
  bagaimana dengan pusat penelitian ekonomi? hi hi hi.
- Didanai oleh perusahaan konsultan: INDOCISC :) ha ha ha
  (lupa nama perusahaan yang dibeli oleh @stake)

Sorry nih nyela Mas Budi. Bukannya pusat - pusat seperti itu juga menghasilkan produk? Memang tidak semuanya tangible, ada juga yang intangible, tetapi sepertinya jenis tersebut masih dapat dikategorikan sebagai sebuah produk.

Mungkin akan lebih tepat bila digolongkan sebagai R&D center yang menghasilkan produk tangible dan produk yang intangible (saya sengaja tidak menggunakan produk nyata dan tidak nyata karena nantinya bakalan sangat rancu).

--
Oskar Syahbana
http://www.permagnus.com/ -- just upgraded and revamping the link structure!

Kirim email ke