Sent: Thursday, January 19, 2006 11:00 AM
Subject: [teknologia] Re: [Hardware] USB controller untuk client-mode

Pada tanggal 1/19/06, Ariya Hidayat <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Ada yang pernah mengembangkan hardware dengan USB sebagai client nggak?
> Kalau ada yang pernah, biasanya pake controller apa (chip-nya), dan beli di
> mana.

Saya juga tertarik untuk "ngoprek" device dengan konektivitas USB,
tapi saya masih newbie soal USB ini. Yang saya incar adalah
mikrokontroler PIC16 seri yang 745 (atau saudaranya) karena sudah siap
nyambung ke USB 1.1. Di sini yang 745 itu harganya kira-kira 5 euro
(potong setengahnya kalau beli 100).

Hampir pasti juga ada famili mikrokontroller lain yang USB-ready dan
mungkin lebih murah.

Penginnya sih chip untuk USBnya saja, supaya bisa dikawinkan dengan _berbagai_macam_ mikrokontroller yg dipakai di tempat saya.

Barusan nyari di digi-ware.com (surabaya) ternyata adanya yg mikrokontroller berbasis 8051 dengan embedded usb controller. Selain itu, chip-nya berkaki TQFP yang super duper kecil dan imut juga akan membuat masalah baru. Tapi kalau kepepet mungkin akan diembat juga.

Hmm. PIC yah? OK, saya coba baca-baca datasheetnya dulu.

*curhat*
Duh, di eropa kalo beli-beli gitu gampang yah, hiks hiks. Di Indonesia minta sampel chip sekarang susah, kalo beli sedikit gak boleh. banyak produsen besar yang memblokir. Paling tinggal maxim-ic thok. National Instrument, Texas, dan teman-teman sudah pundung kayaknya.

Atau Mas Herry perlunya yang chip untuk USB saja, bukan dengan lain-lainnya?

--
http://www.google.com/search?q=ariya+hidayat

--
I am nobody, nobody is perfect