On 1/29/06, Ary Setijadi Prihatmanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bukannya selalu dikasih garam setelah dibersihkan dari salju?
> Jadi jika tidak terlalu berat masalahnya, salju tidak pernah menumpuk di
> jalan/runway.

Tidak selalu harus bisa pakai garam, karena garam kan merusak (korosif?).
Kalau hanya sekedar jalan/runaway mungkin bisa, tapi kalau untuk kendaraan
(pesawatnya sendiri) rasanya tidak bisa.
Mungkin masih banyak cara lain; menggunakan cairan yang menurunkan
titik beku. Ini lazim digunakan sehari-hari di sono.

Waktu saya masih di sono, air yang digunakan untuk wiper kaca mobil
tidak bisa pakai air biasa. Beku! Soalnya kan kami hidup di sekitar
-20C s/d -35C :) he he he.

"Air" yang digunakan menggunakan bahan lain yang nggak beku di
suhu segitu. Saya pernah pakai mobil (milik orang lain, soalnya jadi
supir tembak nganterin mobil2 pinjaman di rental, he he he)
yang mungkin kelupaan waktu summer pakai air biasa untuk windshiled
wiper ini. Pas sudah winter, beku! Gak bisa diapa-apain :(
Padahal kalau lagi turun salju, harus pakai ini untuk membersihkan kacanya.
Sang air ini membuat salju/es meleleh.

Kembali ke pesawat terbang, kalau saya lihat, pesawat terbang tersebut
disemprot oleh cairan agar air/salju tidak membeku di bodynya.

-- budi

Kirim email ke