On Sun, Mar 12, 2006 at 11:52:28PM -0000, Zaki Akhmad wrote:
> Ceritanya network ini dipakai dibuat intranet aja deh. Gak saya
> hubungin ke Internet. Jadi network gigabit saya gak kenal dengan
> yang namanya DoS.

Ini asumsi yang menurut saya keliru besar.

Kenapa? Walaupun di kebanyakan kasus kita lebih percaya dengan local
network kita (minimal percaya ke pengguna2nya), tapi berdasarkan
pengalaman lebih mudah menyerang dari dalam drpd dari luar. Belum lagi
kalo sampe ada host yg compromised tanpa sepengetahuan user/admin,
trus kena worm yg nyebar sambil melakukan DoS. Atau ada user yg gak
sengaja membuat program yg membebani network sehingga terjadi DoS yg
gak disengaja.

Ronny