On 3/13/06, m.c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ini menjawab pertanyaan dik zaki sekaligus nawarin kerjaan :-)
>
> kalau di level router ada yang namanya netflow zak , jadi netflow ini
> adalah semacam kumpulan data berapa packet in/out/bytes in out dari
> sebuah interface , sekarang jadi de-facto standard untuk traffic
> analysis dan banyak software2 3rd party yg menawari traffic
> manipulation/reporting berbasis netflow data .

Ntop itu kan juga bisa terima data dari Netflow,
cuma jeleknya Ntop itu dia resource komputernya gila-gilaan.

Netflow itu memantau network dan melihat apa isi paket2 sampai layer 4
yg lewat di sebuah router. Kalau cuma liat trafik layer 3, cukup pakai
MRTG atau cacti.

Catalyst 6500 di ITB juga bisa dikeluarin data Netflow nya kalau mau,
ini sempet jadi bahan TA saya 3 thn yl buat bikin aplikasi usage-based
billing sederhana ;)

Cara tergampang main Netflow itu pake flow-tools di UNIX,
tinggal pinter2an main scriptingnya ajah. Ato sekalian nyoba Flowscan
dan JKFlow,
cuma saya nya aja yg muales ngoprek dgn alasan "gak sempet, banyak kerjaan" ;)

-affan

Kirim email ke