On 3/27/06, m.c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> No load mutual fund artinya tidak ada komisi waktu jual dan beli mutual
> funds dan distribusi dividen,etc. Model no-load mutual fund ini
> digunakan oleh Vanguard di US:
> www.vanguard.com

Kalau yang distribusi dividen setau saya emang engga ada fee-nya.
Kalau untuk komisi jual beli reksadananya saya juga kurang tau karena
belum pernah main di situ.

> 4. Kalau di Indonesia benchmarking performance mutual fundsnya kemana
> ya ? IHSG ? Kalau di AS kan ke SP 500.

LQ45? Kan saham2 yang biasanya dipakai untuk portfolio reksadana di
Indonesia memang sebagian ada di LQ45.

> 5. Sekalian, di Indonesia market boleh shorting gak sich ? :-)

Sebenernya engga boleh, tapi dalam prakteknya, banyak kok yang begitu.
Syaratnya, short sell sama coverage buy-nya harus dalam satu hari biar
engga ada indikasi transaksi yang mencurigakan.

----
Oskar Syahbana
http://www.permagnus.com/
http://www.pojokbisnis.com/