Oskar Syahbana wrote:

> Kalau yang distribusi dividen setau saya emang engga ada fee-nya.
> Kalau untuk komisi jual beli reksadananya saya juga kurang tau karena
> belum pernah main di situ.

setahu saya pake schoedder itu masih bayar untuk jual beli. That's sux.

Kalau pakai no-load vanguard di international market kan sama saja
dengan invest di indonesia atau region lain.

> LQ45? Kan saham2 yang biasanya dipakai untuk portfolio reksadana di
> Indonesia memang sebagian ada di LQ45.

> Sebenernya engga boleh, tapi dalam prakteknya, banyak kok yang begitu.
> Syaratnya, short sell sama coverage buy-nya harus dalam satu hari biar
> engga ada indikasi transaksi yang mencurigakan.

Hollllly cow :-)

berati shorting dari online web site gitu gak boleh yah ? waduh.

berarti di indonesia trade account itu cash account ya bukan margin
account ?

kalau di AS rata2 margin account 1:4 , dan bisa shorting.

Shorting position bisa dikeep kapan saja (di cover setelah 10 tahun
juga oke) selama masih ada security atau cash untuk cover posisi
tersebut.