> ===> kalau yang formal dari pemerintah yg saya baca ini pak  "Penyebab utama
> kenaikan sebesar itu adalah hasil lelang global bond sebesar US$1,5 miliar"
> (http://www.depkeu.go.id/Ind/News/NewsControl.asp?cdcate=Berita060406.htm)

Btw, ini langkah paling strategis untuk menanggulagi defisit import
minyak di Indonesia: bangun oil refinery baru dan minta mereka yang
diuntungkan ( negara arab ) untuk investasi:

Indonesia's Pertamina says Saudi Aramco interested in new refinery
project
http://www.forbes.com/home/feeds/afx/2006/04/20/afx2682824.html
http://sg.biz.yahoo.com/060424/15/409rm.html

Top deh SBY.