On 6/14/06, Idban Secandri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 6/13/06, Didats Triadi < [EMAIL PROTECTED]> wrote:
On 6/13/06, Monang Setyawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 6/13/06, Idban Secandri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya perhatikan waktu nonton piala dunia ada, tendangan ke gawang, akurasi
> tendangan, posisi bola, bahkan ada statistik akurasi passing. Itu semua
> dilakukan manual atau pakai semacam detektor yang dipasang dibola atau
> sepatu? mengingat german unggul dalam hal teknologi.

Kaya'nya menghitungnya manual deh. Misalnya otomatis, saya gak
kebayang caranya membedakan tembakan ke gawang dengan operan (seperti
gol Nakamura kemarin, yang dihitung sebagai tembakan).

ya, sepertinya memang manual...
lihat saja bagaimana inggris bermain...
sama seperti menentukan gol itu bunuh diri atau bukan...

tapi bukan  tidak mungkin kan  kalau mereka meletakkan chips pada bola seperti yang diterapkan disupermarket besar? kalau memang manual akan banyak sekali tukang catatnya :D

bukannya memang ada semacam chips di bola itu? kalo gak salah saya pernah liat./baca tentang ini di discovery.

--
Andriansah

andri.andriani.web.id