On 10/19/06, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> negeri:

> Boleh banyak yg ndak suka detik.com (disain lah, ini lah itu lah), tapi buat
> yg di LN merupakan situs Indonesia yg sering diakses.  Bahkan ada situs
> asing, yg rajin menerjemahkan berita di detik.com ke bahasa Inggris.

Nah, sudah dijawab.

Teman-teman saya di Groningen, Belanda, dulu, punya acara rutin:
setiap malam Minggu menonton wayang orang atau Srimulat (?) dari
Indosiar. Saya belum tahu tempat "hosting" kedua acara tersebut, namun
jika di Indonesia, kita ajak saja banyak-banyak perantau di manca
negara melihat acara tersebut, sehingga pemakaian lebarpita dari dalam
negeri tersedot banyak ke luar dan kita surplus.

Saya juga beberapa kali menyarankan penyedia situs Web di dalam negeri
menyediakan informasi hal-hal yang di dalam negeri dianggap mudah
dicari, tapi menjadi berharga di luar negeri. Ada teman di fakultas
hukum di luar negeri perlu materi GBHN, tak ketemu juga dicari yang
lengkap di situs Web. Akhirnya terpaksa titip minta dibawakan dari
Indonesia, yang di sini beronggokan di lapak penjual buku bekas.

Konteks pernyataan saya sebelumnya memang untuk kita yang tinggal di
dalam negeri, Indonesia, dan memiliki keterbatasan belum sanggup
jalan-jalan ke New York, Rio, dan Tokyo... ("... jangan sampai tua
sebelum waktunya", dendang Sheila Majid).

> Dulu katanya ada yg semangat bikin "saingan" detik.com dari sisi layout dsb,
> tapi koq ndak kedengaran lagi

Belum ketemu investor, barangkali.... ;-)

--
amal