On 10/20/06, baskara <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> btw. berapa persen penduduk yang sudah BUTUH Internet?
> Saya kalau lagi pulkam, nyaris tidak butuh komputer. Apalagi baca email. :-)
> Enakan ngobrol2, nongkrong, jalan2. hihihi.

Betul, itu karena *seorang Jepang sedang berlibur ke Indonesia*. Saya
juga ogah akses Internet jika sedang pulang kampung di Jember, lah
makanan melimpah, minuman meruah... (walaupun tetap bawa "notebook"
barangkali ada yang minta tolong SSH ke server di Bandung).

Sebaliknya juga: kisah nyata teman dari Bandung yang menjenguk
temannya di Delft. Rencana jalan-jalan menikmati pemandangan di Delft
(duh, pemandangan apa di tengah musim hujan dan angin kencang?) urung
begitu si tamu duduk di depan komputer. "Gileee, kenceng amat!" -- ya
iya, perbandingan dengan Jalan Ganesha yang sepoi-sepoi bau kotoran
burung.

Jangan lupa, Bas, 5--10 tahun mendatang, perlu dipersiapkan dari
sekarang. Telkom sudah pasang iklan koneksi (betul, baru iklan...) di
pedesaan, Speedy sudah sampai kabupaten, ... Setidaknya -- mengutip
pendapat Enda yang sedang "dimusuhi" Google -- harus duluan dapat
peringkat di Google. Makin tua, makin di atas. Begitu ujar beliau.

--
amal