Budi Rahardjo wrote:

> Yes, good luck on this. (Maksud saya sarkasme lho. he he he.)
> It is easier said than done. Terlihat mudah, tapi nyatanya susah.
> (Kalau nggak susah, tentunya sekarang semua sudah pakai Linux.)

well, kebetulan saya kerjanya di Unix vendor, jadi selama ini kalo
client-nya kelas big Enterprise, sudah otomatis kalo untuk server. Unix
or Linux, Windows are out :D

> Untuk menerapkan secara resmi Linux untuk sebuah server saja
> membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. (Lihat tulisan di
> blog saya beberapa waktu yang lalu.) Saat ini saja saya sedang
> berusaha untuk membujuk berbagai pihak untuk:
> - sentralisasi data
> - mengurangi jumlah jenis hw+OS+apps yang digunakan
>   (tidak 1 jenis atau homogen banget, tapi ya jangan sampai terlalu
>   banyak variasinya)
>
> Hasilnya ... masih tetap berjuang :D

Good luck for you, tapi kalo celah company saya bisa masuk, boleh dicoba
*shameless plug* :D

Soal sentralisasi data, ini saya yg heran, kok masih saja banyak company
  yg tidak melakukannya yah? Padahal ongkos jaringan sudah murah dan
performance yg dibutuhkan bukan pada level yg critical (artinya pakai
CIFS dan NFS juga OK)

> [Itulah sebabnya, lagi-lagi di salah satu blog saya, saya mencari
> data tentang market share dari OS di sisi server. Juga trendnya.
> Maksudnya untuk menunjukkan bahwa Linux sudah mulai masuk
> ke mainstream.]

Sebetulnya IDC dan Gartner setiap semester pasti bikin report ini. Cuman
  kadang di publish free, seperti di slashdot atau www.osnews.com hasil
dari leak suatu Unix atau Linux vendor untuk marketing campaign. Nah
kalo tidak ada leak, ya kudu beli reportnya :(