Setelah sekian waktu nggak ada tanggapan, aku coba
sedikit berpendapat tentang "indikator orang suskses".
Menurutku orang sukses diindikasikan dlam beberapa
hal, yang dapat diringkas menjadi enam huruf :
S - U - K - S - E - S. Orang jawa bilang ini adalah
"othak athik mathuk" yang berarti direka-reka tapi
(asal?) bisa mengena. Tidak berarti bahwa orang yang
sukses harus seperti ini lho....
Ini dia :

"S" yang pertama adalah sekolahnya beres, dalam arti
seseorang harus mempunyai edukasi yang memadai. Nah,
sedulur-sedulur yang join di mailist ini tentu
merupakan kelompok utama yang sukses dibidang ini.

"U" berarti Usaha atau Uangnya cukup untuk memenuhi
kebutuhan. Tergantung darimana sumber penghasilannya,
laba atau gaji atau dua-duanya, tidak musti harus
melimpah ruah, yang penting cukup. Orang "modern"
bilang kehidupan keuangan yang baik adalah bila kamu
bisa hidup dalam batas penghasilanmu. Dan ini sama
dengan pendapat orang desa yang lugu bahwa bagaimana
kita bisa "mendapat rejeki yang dibarokahi Gusti
Allah".

"K" berarti Kesehatan yang baik. Apakah orang yang
jatuh sakit atau mengidap penyakit itu orang yang
tidak sukses? kayaknya nggak juga. Yang penting
bagaimana kondisi kesehatan tubuh seseorang,
bagaimanapun itu, tidak menelantarkan apa yang yang
menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

"S" yang kedua berarti Spiritual Life yang cukup
terjaga. Apapun keyakinan yang dianut oleh seseorang,
hendaklah dia berusaha untuk menjadi orang seperti apa
yang dikehendaki oleh keyakinannya itu.

"E" adalah Emosi yang terkontrol. It means that
seseorang itu hendaknya secara sadar tahu dan bisa
mengontrol apa yang yang sedang terjadi didalam
dirinya. Apakah dia sedang senang, sedang marah, even
sedang dalam kondisi depresi tapi dia tahu bahwa dia
memang sedang seperti itu. Dan yang lebih penting dia
tahu apa yang dia lakukan untuk menghadapinya.

"S" yang ketiga adalah Sexual Life yang "hidup".
Mungkin kondisi terbaiknya bahwa kehidupan sex
seseorang dapat mendorong semangat hidupnya. Atau at
least hidupnya secara keseluruhan tidak terganggu oleh
maslah sexual, baik karena ketidakberdayaan fungsi,
disorientasi ataupun sebaliknya karena terlalu bebas
berekpresi.

Jadi dapat diringkas sebagai :

         S ekolah
         U saha/ Uang