Mbak Lina,salam kenal ya,maaf kalau  saya tidak tahan dan kepingin ikut
nimbrung. Saya mengikuti terus perbincangan ini,dan rasanya saya nggak bingung
tuh dengan argumen mbak Mia dan mbak Anita.Biasa-biasa aja  bentuk perkawinan
yg ada dalam benak mereka.
Ada ijab kabul,itu untuk mengikuti ketentuan Allah SWT supaya hubungan pasangan
ybs halal dimata Allah dan pencatatan nikah untuk kepentingan urusan duniawi
pasangan tsb berikut anak-anak yg akan lahir dari pernikahan itu.Sama sekali
mereka tidak me-nyebut2 soal lamaran,hantaran, apalagi pesta gemerlap karena
itu bukan ketentuan agama,cuma faktor budaya dan adat istiadat yg tidak berdosa
kalau ditinggalkan.
Intinya urusan horizontal dan verikal itu sama pentingnya,paling tidak buat
saya.

Salam,
andri

Lina alwi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Terus terang saja, setiap kali saya baca komentar2 terutama mbak Anita, mbak
Mia saya seringkali bingung dan bertanya-tanya, sebagai muslimah ... bentuk
perkawinan seperti apa yang dibayangkan mereka?
Rasanya, Al Qur'an sudah menjelaskan adab mengenai hubungan antar jenis.
Cuma, kita manusia ini yang selalu memperdebatkannya. Allah pasti Maha
Mengetahui, dan kandungan Al Qur'an bersifat universal walaupun ada yang
pasti, yaitu batas halal dan haram.
Kita seringkali mebuat interpretasi sendiri-sendiri, sehingga yang
sebetulnya mudah (misalnya menikah cukup dengan ijab kabul dan walimah
sederhana) menjadi dipersulit (harus ada lamaran dengan berbagai hantaran -
pesta gemerlap dll). Aduh makin bingung deh saya...
salam

--
Harlina Alwi
http://shaphira.multiply.com

[...]

Man woman Meet woman Fitness woman Fat woman Single women