ini satu bukti, penyebab banyak terjadi kasus perkosaan bukan karena cara
berpakaian,
atau dengan bahasa lain, jilbab (menutup seluruh tubuh) tidak melindungi wanita
dari kemungkinan perkosaan.

Jehan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, untung sentosa <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> saya pernah 3 tahun bertugas di daerah suku anak dalam jambi,
> para wanitanya bertelanjang dada, dan hanya berkain
> kasus perkosaan di lingkungan suku anak dalam, sangat-sangat jarang

yang menonjol dalam kasus ini bukan dadanya, tapi adanya norma adat
setempat yang mengikat, yang di masyarakat urban kini sudah tidak ada.

saya sepakat perkosaan adalah kekerasan. namun tetap berkaitan dengan
unsur seksual dan pornografi. apakah unsur memori pornografi ataukah
unsur agresifitasnya yang lebih menonjol, itu jelas debatable.

sebenarnya diskursusnya bukan masalah kekerasan, tapi lebih fokus
kepada masalah penyimpangan seksual. perkosaan adalah irisan dari
penyimpangan seksual dan kekerasan. banyak lagi bentuk kekerasan
lainnya. yang pasti, di manapun itu, kekerasan itu dilarang, bahkan
terhadap diri sendiri.

nah, bentuk-bentuk penyimpangan seksual yang dipicu oleh pornografi
bukan hanya perkosaan. ada sexual harassment yang banyak jenisnya.
belum lagi perilaku yang hanya ada di ruang yang sangat privat
semacam masturbasi. termasuk juga perselingkuhan dan zinah. makanya,
mengingat dampak pornografi yang sangat luas ini, baik yang terlihat
maupun yang tidak, maka bagaimana pun pornografi dan pornoaksi di
ruang publik harus diatur.

masalahnya, apa itu batasan penyimpangan seksual bisa berbeda-beda
norma2nya. seks bebas di luar pernikahan semacam kumpul kebo di
negara tertentu dianggap wajar. bahkan di negara bagian tertentu di
AS, homoseksual saja sudah direstui.

sekarang bagaimana Islam mengatur norma-norma ini? Norma pakaian
muslimah tentu merupakan bagian yang tak terpisah. masalahnya,
bagaimana penerapannya? yang pasti Islam is not a state of being, its
a process of becoming.

Wass,
Jehan

Women Different religions beliefs Islam Muslimah