Di bawah ini, nasihat oom babat, buat yg lagi panas panasan diskusi.
artikel selengkapnya (bagi yg tertarik saya kirim juga setelah ini).

salam,
Ari Condro

In the meantime, kurasa tidak ada jeleknya sama sekali airing debates spt yg
sekarang di milis2 ini. Setidaknya airing the debates membuka katup diskusi
agar tidak tertutup menjadi diskusi antar radikal yg saling memanaskan emosi
tanpa masukan baru apa2.

Dan ingat juga, sama spt halnya paham komunisme, hal yg paling besar
mengurangi radikalisme adalah kemakmuran rakyat banyak. Itu sebabnya short
term Malaysia mungkin akan lebih beruntung daripada Indonesia. Fanatisme
besar2an muncul jika perut lapar dan mata merah.

Aku really suggest kalian2 yg tidak benar2 dalam kategori 'perut lapar'
tidak perlu pura2 lapar untuk justifikasi ngamuk. Jujur saja. Tulis apa yg
benar2 kalian pikir tanpa retorika sloganistis yg keterlaluan. Bagi kalian2
yg benar2 kelaparan, dengan sedih harus dinyatakan bahwa tidak banyak yg
bisa kulakukan untuk membantu kalian -- mungkin nasehat bagaimana jika
mengurangi akses ke milis2 debat dan lebih ke job-hunting? biarkan hal2
makro itu lewat. Sekedar nasehat saja. Secara prinsip semua orang
bertanggung jawab atas dirinya sendiri2.