   _____

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Aisha
Sent: Sunday, April 02, 2006 7:00 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Mohon Nasehat

Mba Katri,
Support yang mana? ...:)
Sebenarnya itu hanya sedikit pendapat yang belum tentu benar karena
informasinya juga minim - kan ini cerita dari sudut pandang mba Katri.
Pendapat yang terlontar mungkin akan lebih baik jika ada info secara
langsung dari para pelakunya - dari mba Ani juga dari suaminya itu.  Selain
itu pendapat saya juga belum tentu benar karena saya pribadipun ilmunya
masih sedikit.

menjadi orang yang bisa dipercaya itu bukan satu hal yang mudah, kalau saya
perhatikan - jika seseorang bermasalah, pada umumnya tidak sembarangan minta
nasihat, dia bisa terbuka jika dia percaya pada orang itu - termasuk kasus
mba Ani percaya ke mba Katri.  Saya pernah melihat beberapa orang yang
bermasalah yang bisa curhat ke temannya tapi ketika minta tolong ke
psikolog/psikiater malah tidak bisa bicara karena dia tidak percaya.

Oh ya .. tambahan untuk masalah mba Ani ini, bisa juga kita lihat masalah
hubungan antara orang itu (termasuk hubungan suami istri) dari sudut hak &
kewajiban.  Umumnya hak istri adalah kewajiban suami - dan sebaliknya.
Misalnya dalam Islam banyak dipercaya bahwa nafkah untuk keluarga itu harus
dari suami - jika kita lihat Booby suaminya Ani ini seorang engineer yang
masih bekerja dan mereka menikah secara Islam juga Bobbynya masuk Islam,
maka sudah seharusnya Bobby punya kewajiban menafkahi anak istrinya (hak
bagi Ani) - tapi Bobby tidak memberi nafkah kan? Malah sebaliknya - Bobby
selain tidak menafkahi anak istri dan tidak mengakui anak2nya, saat dia
pulang, dia menagih haknya sebagai suami - minta pelayanan di bidang
hubungan suami istri ke istri dan dia memaksa istrinya dalam kewajiban
melayani suaminya.  Dari contoh ini saja kan kelihatan sekali - Bobby tidak
melakukan kewajiban yang hak Ani tapi menagih paksa haknya sebagai suami.

Ini bisa dipikirkan lagi oleh mba Ani, apa saja hak2nya sebagai istri yang
tidak diperoleh jika dia mau menggugat suaminya.

salam
Aisha
----------
From: "Katri Kusumastuti" <[EMAIL PROTECTED]>
Mbak Aisha,
Makasih banyak ya atas supportnya. :-)

Untuk bagian satu. Saya memang deg-degan banget habis kirim postingan
kemaren. Jadi waktu liat inbox ternyata masih sepi, waahhh... jadi bisa
slow down sedikit nih degup jantungnya :-)

Bagian kedua. Saya jadi bisa senyum soalnya Ge-eR juga nih...hehehehe...
terima kasih ya :-)
Memang saya juga merasa bangga karena temen saya Ani ini memberikan
kepercayaan kepada saya untuk sekedar meringankan beban pikirannya ini :-)

Untuk bagian ketiga sampai kelima, saya akan tanyakan langsung dengan Ani.
Setelah saya forward emailnya mbak Aisha tentunya :-). Mungkin nanti Ani
sendiri mau mencurahkan isi hatinya kepada teman milister semuanya secara
langsung :-).

Sekali lagi terima kasih banyak :-)
Salam

Katri