Bisa jadi batasan aurat itu tidak tetap di antara beberapa mazhab, namun
perbedaan di antara mereka tidaklah sampai besar. Hanya menyangkut tumit.
Sedangkan betis, lengan, dada, pinggang, pinggul bahkan rambut insya Allah
mereka sepakat bahwa bagi wanita haruslah ditutup. Karena demikianlah yang
mereka saksikan berlaku di zaman nabi.

Ulama-ulama modern bahkan ada yang berpendapat bahwa perintah kerudung itu
dimaksudkan untuk menutupi dada wanita, bukan rambut wanita. Jadi jika
ingin dicarikan yang pasti perintahnya adalah menutup dada. Walaupun di
zaman nabi perintah itu menjadikan semua wanita kemudian memakai kerudung.

Al-Qur'an memang tidak menyebutkan batasan aurat itu secara terperinci ini
dan itu. Mungkin hal ini dengan maksud ada kelonggaran sedikit yang bisa
disesuaikan dengan budaya suatu bangsa. Tetapi moral dari perintah
al-Qur'an itu jelas, yaitu agar wanita berpakaian sopan, menutupi
keindahan dirinya kecuali kepada muhrimnya. Itulah ciri khas wanita yang
imannya baik menurut Islam. Sopan di sini mungkin bisa relatif, tetapi
secara umum adalah yang tidak mengundang birahi secara umum. Al-Qur'an
sendiri menjelaskan perintah itu dengan perintah memanjangkan kerudung
hingga menutupi dada dan mengulurkan baju kurungnya ke seluruh tubuh.
Bukankah moral dari ayat ini cukup jelas?

Jika kita ingin berlari kepada "relativitas" maka tidak akan ada sesuatu
yang bisa dijadikan patokan. Semuanya bisa ditarik ke area relativitas
tanpa batas. Tetapi menurut saya tidak demikian. Tetap ada batas-batas
tertentu yang tidak bisa relatif, yang jika dilanggar maka itu akan
merusak manusia dan masyarakat karena kejahatan yang kemudian
ditimbulkannya.

Kita merelatifkan segalanya, karena kita hendak bergerak dari sesuatu yang
sangat ketat, yang kita pandang berasal dari produk zaman dahulu yang
konservatif, tetapi sekali kita bergerak merelatifkan sesuatu kita
cenderung untuk bergerak terus tanpa batas dan tidak bisa berhenti. Sampai
akhirnya semua menjadi serba terbuka. Tidak ada batasannya lagi. Bahkan
yang paling minimpun tidak bisa didefinisikan.

Bagi orang yang beriman, dan percaya pada kebaikan-kebaikan yang dibawa
oleh agama, mereka lebih aman untuk mengambil batas yang telah ditetapkan
oleh agama. Mereka paham moral apa yang hendak disampaikan oleh agama. Dan
di akhirat nanti kelak terdapat kepuasan bagi mereka yang mengamalkan
ajaran dan akhlaq agamanya.

Salam,

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
06/19/2006 02:10 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Patokan Umum-->Jangan Nikahi Pria Muslim, Please !

Ya ampun Mba Sarinesia ini bisa banget;) memang yang namanya fulus
sering jadi "penguasa" yang menentukan dan dijamin akan di back up
dengan dokrin2 manjur dari berbagai sumber...

batasan aurat memang menjadi bahasan yang tiada habis-habisnya. Kalau
menurut beberapa mazhab terjadi perbedaan terhadap batasan aurat
semisal mazhab hambali menganggap kaki dan tumit bukanlah termasuk
aurat perempuan. Tapi masing2 Imam seperti syafe'i, hambali, hanafi
dan juga maliki tidak pernah meng-klaim bahwa pendapatnya lah yang
paling benar.

Al-Qur'an sendiri tidak pernah menjelaskan secara terperinci apa
batasan aurat bagi laki-laki dan perempuan. Sehingga batasan2 aurat
yang kita kenal sekarang hanya merupakan produk dari pemikiran2
terutama para imam yang 4 seperti hambali, syafe'i, maliki dan hanafi.

Bagaimana pun juga kedudukan seorang penafsir ada dalam batasan ruang
dan waktu yang tidak mungkin pemikiranya bisa bersifat permanen dan
universal jika direalisasikan.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "sarinesia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> wanita
>
> itu karena saat ini yg laku dijual adalah tubuh wanita. suatu saat yg
> laku dijual adalah tubuh pria ya dijuallah tubuh pria tsb.. karena yg
> penting duit.
>
> kalau lihat pelem cowboy biasanya para wanitanya malahan berpakaian
> tertutup sekali. sebab pada waktu itu tubuh wanita belum laku dijual..
> gak tahu waktu itu apa yg laku.. pistol kali.

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet
Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No.
421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.

Your favorite religious organization? Make a donation at Network for Good.
http://us.click.yahoo.com/EOl1HB/LPaOAA/i1hLAA/aYWolB/TM