Berbeda kang Sabri, antara sejarah pembukuan al-Qur'an dengan keberadaan
konsili-konsili itu. Sejarah pembukuan al-Qur'an dimulai dari Abu Bakar
dari usulan Umar. Mulai terjadi pengumpulan ayat-ayat al-Qur'an dari
catatan-catatan yang terlepas dan hafalan para Hafizh. Finalisasi di zaman
Utsman itu sampai pemberian tanda baca (ba satu titik di bawah, ta dua
titik di atas, dlsb) dan sakal (fathah, kasroh, dlommah, sukun, dlsb) pada
setiap huruf al-Qur'an. Lalu diresmikan bahwa pembukuan Mushaf Utsmani
adalah yang terlengkap dan tersesuai dengan pembacaan nabi di setiap
shalat-shalatnya. Dan sepakat dijadikan Kitab Suci untuk umat Islam.
Adapun masalah Teologi, konsep ketuhanan Islam yang Tauhid tidak pernah
berubah sekalipun dalam masa kodifikasi al-Qur'an itu (sejak masa Abu
Bakar sampai Utsman). Tidak pernah dipertanyakan, diperdebatkan lalu
ditetapkan sejak nabi Muhammad SAW masih hidup sampai hari ini. 8-)

Sedangkan keberadaan konsili-konsili itu, kalau tidak salah adalah untuk
menetapkan status ketuhanan Yesus yang paling tepat. Berdasarkan
pertentangan-pertentangan para Uskup dari Anthiokia dan Syiria. CMIIW.
Jadi ada bedanya khan? 8-)

Tapi sepakat, kalau keyakinan itu sudah menjadi keyakinan seseorang, kita
perlu menghormatinya. Biarlah masalah iman itu menjadi proses internal
yang menjadi perjalanan ruhaninya masing-masing. Toh kita bertanggung
jawab sendiri-sendiri di akhirat nanti. 8-)

Salam,

St Sabri <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
07/06/2006 09:45 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Re: obrolan yesus, mbak Ida & me

Yas,

Ngapunten, ente sendiri sementara ini menganut kristen yang mana?
tepatnya nasrani sebelah mana Katholik roma, kristen yang umum atau masih
ada ordonya lagi. Meski dalam soal Jesus semua nasrani 'sepakat'.

Da Vinci code sendiri sebagai novel dan film, udah jelas fiksi, sama
dengan jurassic park. Tapi dalam making da vinci code, mereka menggunakan
referensi ilmiah juga.

konsili nicaea, mirip dengan saat utsman melakukan standarisasi
al-qur'an. Ketuhanan jesus mungkin saja diputuskan dengan voting, sama
dengan standarisasi al-qur'an. untuk melacak asal muasal (baca kemurnian)
ajaran nasrani versi jesus sudah agak sulit, meski usaha ini masih terus
dilaksanakan.

yang jelas, kalo keimanan bahwa jesus itu tuhan dan mendatangkan
kedamaian dalam hati, yo wis urusan selesai.

salam

Mail generated by : Sylpheed 2.2.4(GTK+ 2.8.18;i486-pc-linux-gnu)
Operating System: Linux 2.6.15-25-686 (i686)
http://www.roseline-club.com/

Wed, 05 Jul 2006 11:04:52 -0000