Mbak Chae,

Kalau hanya mengetahui dari turun temurun, tanpa ada kitab yang menjaga,
dari mana kita mengetahui bahwa cara shalat kita tidak berubah sedikit
demi sedikit? Kitab tata cara shalat yang kita milikipun banyak mengacu
dari kitab-kitab hadits. Bisa kita bayangkan, jika tidak ada kitab hadits
maka bentuk shalat kita mungkin sudah berubah dari tata cara yang nabi
lakukan. Demikian pula mengenai ibadah-ibadah sunnah seperti Tahajud dan
shalat-shalat sunnah yang lain. Juga tata cara puasa, bagaimana mengisi
ibadah puasa, bagaimana ber-i'tikaf. Demikian juga ibadah haji. Bukankah
kita lebih sempurna dalam menjaga ibadah-ibadah itu sesuai "Sunnah Nabi"
dengan keberadaan kitab-kitab Hadits?

Mengenai hukum-hukum jama' qashar atau bagi para mufasir saya setuju,
perlu ada ijtihad baru berkaitan dengan perkembangan teknologi zaman
sekarang.

Salam,

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
08/04/2006 02:49 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau Sebaliknya

Pak Wida,

Saya katakan bahwa hadis sebagainya dipandang sebagai acuan contoh dan
bukan sumber hukum. Semisal sholat ini kan kenyataanya sudah tidak ada
yang benar-benar melihat bagaimana Nabi Sholat tapi  kita tahu secara
turun termurun bagaimana kita sholat hanya saja hukum2 sholat pun akan
berubah seiring perkembangan zaman.

Misalnya saja bagaimana hukum sholat di jama dan di khosor ada
perubahan dalam hukum jarak karena adanya kecanggihan teknologi dimana
 kendaraan pun berbeda dari zaman dulu samapai sekarang dari segi
kenyamanan dan kecepatan.

Kalau tidak salah dulu Nabi sepanjang menjadi musafir selalu melakukan
sholat dijama dan di khaosor tetapi dengan kondisi yang berbeda
sekarang ini apakah masih perlu seseorang sholat seperti bagaimana
Nabi ketika melakukan bisnis trip??

Misalnya lagi hukum wajib sholat jum'at bagi yang musafir tidak jatuh
wajib tapi dengan kemudahan fasilitas mesjid di tiap aerah apakah
musafir masih tetap tidak dikenai wajiba sholat jum'at??

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> [wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau Sebaliknya
>

> Terlepas dari status hadis itu shahih atau dhaif, kalau menurut saya
> tetap sebuah hadist itu adalah produk manusia. Jangan dikultiskan
> sebagai suatu dasar sumber hukum tapi lebih kepada contoh yang bisa
> dijadikan sumber acuan.
>
> Karena namanya produk manusia itu kan lekang oleh waktu dan luntur
> oleh zaman, walaupun masalah ibadah sekalipun.
>
> Jadikan hadis sebagai contoh soal, dimana kita bisa tetap menangkap
> semangat didalamnya lalu diaplikasikan dengan bentuk-bentuk yang baru.

Hadits
> karena

> dari para
> orang-orang yang