From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of
[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, August 08, 2006 3:58 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau Sebaliknya

Iya betul, silahkan kita cari ulama yang menurut kita baik dan bisa kita
ambil pendapat-pendapatnya. Kata akhir tetaplah hati kita sendiri, karena
kita akan bertanggung jawab sendiri-sendiri. Apapun yang kita katakan dan
lakukan.

"Mintalah fatwa pada hatimu. Sekalipun para ulama memberikan fatwa mereka
kepadamu. Kebaikan adalah apa-apa yang hati kita tentram kepadanya,
sedangkan dosa adalah apa-apa yang menggelisahkan hati dan kita tidak suka
dilihat orang ketika melakukannya". (dalam kumpulan hadits arbain Imam
Nawawi)

Salam,

Donnie <risandono.ahmad@ <mailto:risandono.ahmad%40gmail.com> gmail.com>
Sent by: wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com
08/08/2006 03:34 PM
Please respond to
wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com> yahoogroups.com

wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com> yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau Sebaliknya

Cuma juga harus diingat bahwa ulama juga manusia, tidak luput juga
dari sifat manusia yang bisa: punya preferensi yang mungkin secara
tidak disadari memperkukuh previledge mereka, menguntungkan sebagian
pihak karena masalah balas budi, preferensi politik dan lain
sebagainya. Jadi sepertinya, tanpa harus suudzon, kita juga perlu
melihat secara kritis bahwa para ulama juga bukan orang yang bebas
nilai, meskipun mereka berusaha mencoba untuk "berpikir" secara
ilmiah.

Donnie

=======================
On 8/8/06, Wida.Kusuma@ <mailto:Wida.Kusuma%40tlng.jgc.co.jp> tlng.jgc.co.jp
<Wida.Kusuma@ <mailto:Wida.Kusuma%40tlng.jgc.co.jp> tlng.jgc.co.jp> wrote:
> [...]
> zaman itu. Ulama banyak memberikan pendapat, mereka semua menggunakan
> seluruh potensi termasuk dalil dan akal dan hati, tidak hanya satu
> pendapat bahkan berbeda-beda, selama para ulama itu menyandarkan pada
> dalil (al-Qur'an dan al-Hadits), lalu pendapat mereka sendiri dengan
> pertimbangan akal dan hatinya, lalu kita memilih salah satu dari
berbagai
> pendapat ulama itu yang paling sesuai dengan hati kita sendiri, dengan
> kata lain, meminta fatwa terakhir kepada hati kita (istafti qolbaka).
Lalu

yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> memang
> perjuangan

> berlaku
> jadi

Pak

yahoogroups.com, Wida.Kusuma@ wrote:

> baru.

> para

> mempertanyakan
> yang
> Bagi
Karena
> Jika
> "tawaquf"
"istafti
> perbuatan

<mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com> yahoogroups.com

yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
<mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com> yahoogroups.com
<mailto:wanita-muslimah-unsubscribe%40yahoogroups.com>
[EMAIL PROTECTED]
mailto:keluarga-sejahtera@ <mailto:keluarga-sejahtera%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com
<mailto:majelismuda%40yahoogroups.com> yahoogroups.com