  _____

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Lina Dahlan
Sent: Tuesday, August 08, 2006 5:18 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau Sebaliknya

Ada ulama atau ustadz yang tetap memakai hadist dhaif sebagai
rujukan selama itu untuk urusan fadho'il (??) saja. Semisal kayak
hadist yang populer di bulan Rajab gini neh. Kan ada hadist yang
bilang "Rajab bulannya Allah, Syawal (?) bulannya Nabi SAW, dan
Ramadhan bulan umatnya Nabi SAW. Ada ulama bilang itu hadist dhaif
karena salah satu perawinya si A adalah pendusta, jadi hadistnya
dusta. Tapi ada lagi ulama yang bilang harus diselidiki lagi mengapa
si A disebut pendusta. Boleh jadi dia pernah berdusta dalam hal
lain, tapi hal itu tidak bisa menjustifikasi bhw hadist tsb dhaif.

yaa, perlu belajar lagi ilmu hadist nih..:-)

wassalam,
--- In wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, "alfri" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> wahh.. bisa kacau kalo ambil hadits yg sesuai dgn realitas saja.
> (tidak berarti saya setuju rekonstruksi hadits loh..).
> cuma yaa kalo ada haditsnya yg sesuai realitas = hadits dhoif masa
> diambil..?
> kalo hadits qudsi atau shahih ga ada gimana?
> kalo ada si selesai urusan..
> ini kan kalo ngga ada. dan mayoritas ngga ada yg sesuai realitas
> [...]
yahoogroups.com] On Behalf Of Lina Dahlan
> Sent: Tuesday, August 08, 2006 4:07 PM
> To: wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com
> Subject: [wanita-muslimah] Re: Dari Sunnah ke Hadits atau