Saya orang Sumedang. Betul sekali peristiwa DI/TII di Jabar itu
memberikan trauma sendiri bagi masyarakat Jabar di perkampungan.
Ketika DI/TII, saya masih kecil, hanya ingat waktu ayah saya
berangkat harus "pagar betis", mengepung "gorombolan" yang bertahan
di gunung-gunung ("Gorombolan" = Istilah orang Sunda kepada pasukan
DI/TII). Teringat pula ketika ayah Saya membawa-bawa koran Pikiran
Rakyat dari Kota, yang memberitakan Kartosuwiryo tertangkap. Koran
itu jadi rebutan. Orang-orang pada bergumam :" Kampung urang aman
euy ....".

Di taun 1955, menurut cerita (saya belum lahir), Desa Tetangga di
kampung saya, dibumi-hanguskan oleh gorombolan. Desa tersebut dilalui
jalan Raya Bandung-Cirebon. Kejadiannya diawali ada serombongan orang
asing yang melintas desa itu. Pak Lurah desa itu, plus OKD (Hansip
kalau jaman sekarang mah), curiga mereka adalah "gorombolan". Karena
Pa Lurah dikasih senapan sama pemerintah dan OKD juga diperlengkapi"
bedil "dorlok" (senapan rakitan, yang dicolok-colok dulu, baru
ditembakan), rombongan "gorombolan" itu ditembak, padahal orang-orang
asing itu sudah berteriak "jangan tembak, jangan tembak".
Dasar ...bukan profesional, tembakan Pak Lurah dan OKD itu tak
satupun ada yang kena. Akibatnya, malam harinya, Desa itu dibakar
habis!

Di tahun 1955 juga, ada OKD, namanya Mang Imang yang tetap tinggal di
kampungnya yang berada dengan perbatasan dengan hutan, sedangkan para
tetangganya sudah mengungsi semua, kepinggir jalan Raya Bandung-
Cirebon. Menurut cerita, Mang Imang ini tidak mempan peluru. Tapi
hari sialnya datang juga. Mang Imang digorok lehernya, ditubuhnya,
ada beberapa peluru, yang cuma "bersarang" dikulitnya .......

Saya juga mengenal seseorang dari Cibugel, dia kawan kakak saya.
Orangnya agak-agak aneh. Kakak selalu bilang sama saya, bahwa dia itu
sampai begitu, karena korban "gorombolan". Di malam hari waktu
peristiwa di Cibugel, dia bermalam dirumah Bibinya.  Dan dia, yang
waktu itu umurnya baru sekitar 8 tahun, melihat dengan mata kepala
sendiri bagaimana paman dan bibinya dibunuh.

Dan banyak sekali cerita soal "gorombolan" ini. Begitu kesalnya orang
Sunda pada peristiwa DI/TII, sampai muncul anekdot seperti ditulis
dalam buku " Manusia Sunda", karangan Ayip Rosyidi : "Pak Karno sama
Pak Karto berperang, yang menderita Mang Karna dan Mang Karta!"

Salam,
WALUYA

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "alfri" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
>
> Di saat pasukan sedang dibutuhkan buat mempertahankan negara..
> melawan Belanda.. eeh.. ini DI/TII nyerang pasukan RI..
> bagai musuh dibalik selimut...
> Kalau saja mereka merasa senasib sepenanggungan dengan rakyat
negeri ini..
> alangkah lebih baik kalau mereka bahu membahu dengan Tentara untuk
melawan
> Belanda?
> Apa sih yg melatar belakangi mereka? negeri baru merdeka, masih
sulit
> mengalahkan
> Belanda.. kok yaa tega2 nya nusuk dari belakang..

Historis
> [...]
>
> Kahar Muzakar ditinggalkan anak buahnya sendiri karena kelakuannya
yang
> di luar batas, kan bini mudanya baru meninggal beberapa bulan lalu.
>
> Emang kenapa kalo berpihak pada TNI..? , daripada berpihak pada
gerombolan
> garong dan pemerkosa macam DI/TII.Kakek gw juga berpihak pada TNI
mulai
> dari ngelawan westerling , DI/TII dan PKI.Beda ama ente yang
pemberontak,
> ikut gerombolan garong dan pemerkosa.
>
> Dan TNI pada waktu itu gak pernah nyulikin anak-anak gadis seperti

DPD
DI/TII.
> Fyi,
Lord dan