Sansana Ramadhan Arjo Pilang:

  MASIH JAUH DARI MATA

  [Kepada Ndang Arni]

  sunyi kota
  bulan keluyuran  sendiri di langit ramadhan
  kau sunyi sendiri
  kota dibayang larangan dan ancaman

  dari jembatan sembilan di bawah angin musim gugur
  aku jadi sedikit menggigil bukan karena dingin seine yang
  arusnya mengalir tanpa henti  menyertai peristiwa demi peristiwa
  sedang kita masih seperti kapal tua, lapuk lambungnya tertambat di dermaga

  di sunyi kota
  di kesepian bulan di kesunyian kekasih
  aku khawatir tanahair dijadikan monopoli mayoritas rabun
  kata-kata amis darah pedang ancaman ketika nalar tak terasah

  di sunyi kota
  di kesepian bulan kekasih
  indonesia dan republik masih jauh di mata
  bukan karena aku masih di jalan kembara. indonesia sangat terpuruk!

  Paris, Oktober 2006.

  AKU MEMANG LAHIR DI TANAH DAYAK

  aku memang lahir di tanah dayak
  diasuh katingan sungai lipat siku
  dari hitungan alam tak mungkin aku tersingkir bersama jutaan penduduk
akhirnya dari kampung aku terpelanting -- enggang hilang sarang

  lanting putus ikatan
  hanyut diambing gelombang
  kekuasaan! kekuasaan merosot begitu gampang
  jadi kayau menyembelih penduduk. tuhan dijadikan komplot

  yang aku heran kami dinista kerna percaya pada keyakinan sendiri
  padahal sampai  di makam dayak,  kematian sangat toleran
  sungguh sulit kupahami ada tuhan rakus dan pongah gemar pertengkaran
  jadi pembunuh -- -- sedangkan ia baru saja semalam singgah di tepian

  di tanah leluhur, anakku
  penguasa atas dan bawah
  tak pernah jadi kambé *]
  tak pernah haus darah dan rakus

  Paris, Oktober 2006.
  JJ. Kusni

  Catatan:
  *]. Kambé [bahasa Dayak Katingan]  berarti  hantu. Lambang dari kegagalan
menjadikan diri sebagai anak manusia manusiawi berdasarkan konsep hidup-mati
manusia Dayak:"rengan tingang nyanak jata" [ anak enggang putera-puteri naga].

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: