Terima kasih atas do'anya;) kalau saya pribadi Pak Fauzan lebh baik
kita bisa menggali pendapat sendiri dan mencari hikmah sendiri
daripada mengekor pendapat orang lain walau sekelas ulama sekalipun,
bukankah itu berarti kita bersikap taklik buta dan bukankah itu
dilarang didalam Al-Qur'an??

Umar ra adalah contoh pribadi yang mau mencari dan menggali hikmah
tanpa harus mengekor(taklik buta) walau itu terhadap Rasul sendiri.

Ceritanya begini, saya ulas sedikit terserah pada akhirnya apa ini
bisa dipahami anda atau tidak;)

Ada rampasan perang di wilayah mesir, irak berupa tanah. Jika
mengikuti apa yang dilakukan Rasul dan juga apa yang tercantum didalam
Qur'an maka rampasan perang setelah dikurangi 1/5 untuk Nabi maka
sisanya akan dibagi habis untuk pasukan. Tapi Umar ra tidak mau
berbuat demikian karena itu akan menimbulkan ketidakadilan bagi rakyat
mesir dan irak di kemudian hari karena tanah2 mereka dikuasai oleh
segelintir atau sekelompok orangs saja. tentu saja sikap Umar ra
mendapat pertentangan dari sahabat2 yang lain terutama dengan kelompok
Bilal. Mereka mengatakan bahwa Umar telah melanggar ketentuan Qur'an
dan tidak mengikuti jejak Rasul. Tapi sebagian sahabat2 lainya seperti
Ali dan Usman mendukung pendapat Umar ra karena memang itulah yang
terbaik untuk kondisi saat itu. Pada akhirnya Umar ra dapat
menyakinkan kelompok Bilal bahwa didalam Qur'an kesejahteraan rakyat
lebih diutamakan daripada bentuk hukum pembagian rampasan perang.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, FAUZAN <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ada yang merasa dirinya lebih ngerti agama dari As-Sayyid bin Abdul
Aziz
> As-Sa'dani definisi bid'ahnya seperti orang yang belum pernah menuntut
> ilmu agma yang benar. logikanya juga asal dan persis kaum liberal.
semoga
> Allah mengampuni anda dan menunjukkan anda jalan yang benar :)

> --
> Wassalamu'alaykum Wa Rahmatulloh Wa Barokatuh
>
> Brian Arfi Faridhi / Fauzan bin Hadi
> 0856-336-4677
> Semolowaru Elok G-7 Surabaya 60119
>

> Using Opera's revolutionary e-mail client: http://www.opera.com/mail/