Wa'ailkum salam wr wb,

Alhamdulillah, saya baik Pak, mungkin karena do'a dari anda juga;)

Pak Rye,

Pertama-tama saya mau informasikan kepada anda bahwa saya tidak
membenci poligami...tolong dicatat...sekali lagi saya tidak membenci
poligami...catat itu yach jangan sampe ada asumsi bahwa saya membenci
poligami...kalau sampai berasumsi demikian...wah...cape dechhhhh....:)

Yang saya kritisi, saya benci dan menjadi keprihatinan saya adalah
adanya ketimbangan dalam relasi hubungan suami istri dimana ada salah
satu pihak mendominasi pihak lain....tolong catat....!!!

Sekali lagi yang menjadi concern saya, perhatian saya, keprihatinan
saya ketika ada ketimbangan dalam relasi hubungan suami istri dimana
salah satu pihak mendominasi pihak lain...tolong catat:)

Dan ketimpangan dalam relasi hubungan suami istri dimana salah satu
pihak mendominasi pihak lain BISA TERJADI DALAM BENTUK PERKAWINAN
MONOGAMI DAN POLIGAMI.....catat!!!!

Hanya saja INGAT!!!potensi ketimbangan dalam relasi hubungan suami
istri lebih besar dalam bentuk perkawinan POLIGAMI...catat!!!

Ketimpangan dalam relasi hubungan suami yang menjadikan salah satu
pihak lebih dominan terhadap pihak lainya akan MENIMBULKAN
KETIDAKADILAN DAN KETIDAK ADILAN AKAN MEMBUAHKAN
KEDZALIMAN/KESENGSARAAN/PENDERITAAN/KEMUDHARATAN bagi semua anggota
keluarga.

Kembali kemasalah yang sedang kita diskusikan, kalau anda jeli melihat
bahwa secara process ritual perkawinan di puncak itu sama dengan
process ritual perkawinan pada umumnya, mereka pun tidak menetapkan
batas waktu atau sebagai kawin kontrak. Coba anda telaah lagi;)

kedua saya melihat bahwa poligami yang dilakukan Aa Gym ini sebagai
suatu ketimbangan dalam relasi hubungan suami istri, kenapa demikian?

pertama: Seperti yang dikatakan oleh Aa Gym sendiri, beliau melakukan
poligami dengan tujuan menghindari perzinahan. Jika demikian tujuan
dari poligami yang dilakukan oleh Aa Gym adalah KEPENTINGANYA PRIBADI
DALAM MASALAH SYAHWAT/LIBIDONYA. Bisa dikatakan poligami yang
dilakukan semata-mata hanya untuk kenpentingan salah satu pihak saja
yaitu Aa Gym dan mengabaikan kepentingan Teh Ninih selaku mitra yang
sejajar dari Aa Gym.

Kedua : Teh Ninih tidak diberikan Hak untuk
BERSUARA/MENENTUKAN/BERPERAN dalam memilih bentuk perkawinan yang
hendak djalani bersama. Seperti yang kita dapat dari informasi di
media bahwa Aa Gym melakukan pernikahan yang keduanya secara diam-diam
, artinya ketika Aa Gym memilih untuk berpoligami tidak melibatkan Teh
Ninih dalam keputusan yang seharusnya di buat/diputuskan secara
bersama karena pada kenyataanya Teh Ninih merupakan pihak yang akan
sama-sama menjalani bentuk perkawinan tersebut. Walaupun ada dalih
bahwa Teh Ninih telah memberikan ijin suaminya untuk menikah lagi tapi
PADA PROCESS NYA TEH NINIH TIDAK DI LIBATKAN ATAU TIDAK DIBERIKAN
KESEMPATAN KEPADA NYA UNTUK MEMPERGUNAKAN HAK NYA.

Sampai sini dulu Pak Rye bisa memahami tidak???;))

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Rye Woo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ass........
>   Apa kabar semuanya??? Mudah2an pada bae yaaaa........
>
>   Untuk Ade2 and mba2 ku tersayang.............
>
>   Sebenarnya kalo anda2 jernih and melihat perbedaan antara poligami
and kawin kontrak yang dilakukan oleh orang tertentu.. itu jauh sekali
bedanya sayang.... walaupun prosesnya sepertinya sama.... coba ceck
niat awalnya, maksud dan tujuannya... mana ada sihh poligami yang pake
kontrak uang, batas waktu, ijin dari istri etc.... Tolong telaah lagi
dengan baikkkk and jangan terlalu dipolitisir....

>   Kalo mau di ambil contoh perbandingan yang dibegitukan
banyaklah..... contohnya puasa sunah yang dilakukan karena Allah sama
aja dengan puasa yang dilakukan oleh orang2 untuk memperoleh sesuatu
or maksud tertentu........

>   Sebenarnya kalo anda2 mau jernih and sedikit mau terbuka.....
poligami itu tetap ajaran islam and diperbolehkan dengan syarat....
>   Cuma memang ada sebagian kasus yang menyimpang.. mungkin karena
orang tersebut belum bisa memenuhi untuk berpoligami... tapi bukan
berarti poligaminya jadi ga boleh/haram..... mungkin cara and
syaratnya harus terpenuhi..

>   Kalo meliat pendapat teman2 kan poligami itu mutlak ga boleh.....
dengan alasan ini-itulah.... Padahal itukan mungkin karena menilai
orangnya ga layak berpoligami..... SEKALI LAGI BUKAN POLIGAMINYA Yang
di larang.....

>   Sebenarnya saya paham banget maksud anda2........ cuma kenapa anda
sangat benci sekali sama poligami padahal itu ada dalam islam......
Sayapun ga suka pada poligami yang tidak memenuhi syarat coz bisa
memberikan keburukan.........
>   Tapi poligami tetap poligami yang ada dalam ajaran Al-qur'an.........
>
>   Pahamkan ade2ku tersayang........
>
>   Sekali lagi tolonglah qt berpikir jernih and terlalu dipolitisir
trus jangan ampe deh qt melepaskan keimanan......

>   Rgd..........
>
>   Banyak gawean nihh....
>
> Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Kalau menurut saya penjelasan Mba Mia ini sudah ok
> Banget...mudah-mudahan bisa dipahami oleh Pak Rye dan yang lainya,
> jujurnya saya juga seringkali "merasa" susah menjelaskan apa yang saya
> maksud;)
>
> benar apa yang Mba Mia bilang jangan hanya liat kasus Aa per se tapi
> lihat konteks keseluruhan dalam masyarakat kita.

> ding.

Gym..

> santun/

> syah??