Hello Muh Aly,

nama anda mengingatkan pada petinju legendaris anggota black moslem yg
sekarang terkena parkinson.

bagaimanapun ada latar kultural dalam pembentukan teks suci. Yang
dibutuhkan adalah kompatibilitas bukan pemaksaan. Bagi yg belajar ilmu
instrumentasi, ayat suci adalah bagan dasarnya. Misal agar mobil bisa
bergerak maka roda harus dihubungkan dengan gardan/sumbu ke mesin. Nah
ketika kita membuat kapal, maka bukan RODA yg harus dipasang melainkan
baling-baling. Kalo kita paksakan memasang roda sebagai ganti
baling-baling, pasti repot zekaleee.

masyarakat pantai jawa sudah sejak sebelum islam datang, sudah
melakukan pembagian peran seimbang. Laki-laki melaut dan perempuan
mengolah hasil tangkapan. Dalam masyarakat pantai (saya lahir di
pekalongan) yang mengambil peran ekonomi besar adalah perempuan; para
ibu mengelola hasil tangkapan, menjualnya ke pasar/pelelangan ikan dan
mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Bila
mereka membuka usaha maka pemilik usaha kebanyakan para istri, karena
para bapak sebagian besar waktunya habis di laut, sulit mengelola
usaha dari tengah laut. Kebanyakan penduduk pantai membagi warisan
sama rata tanpa pandang jenis kelamin. Namun sejak masuk islam, mereka
dipaksa mengikuti patokan persentase waris secara Islam. Tapi setelah
selesai dibagi secara Islam; mereka berembug lagi dan membagi sesuai
adat kebiasaan.

Ini justru mengecewakan, karena aturan Islam hanya dipenuhi diatas
kertas dan tidak aplikabel di lapangan; karena pemuka agama suka
memaksakan yg penting ikut fikih. Harusnya kita memiliki fikih sendiri
sesuai dengan sikon lokal. Kata Pak Chodjim, al-Qur'an itu kitab
garing, kitab telesnya ya hati nurani dan akal kita.

salam

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Muhammad Aly
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- lestarin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> indahnya alquran tertulis ayat "An-Nisaa" artinya
> "perempuan-perempuan" sungguh mulya perempuan
> ditempatkan Alloh SWT dlm salah satu surat al-quran..
> tdk ada ayat "Ar-rijaal" atau "laki-laki". pembagian
> ahli waris disebutkan di Surah An-nisaa ayat 11.
> ;
> sy anak lelaki.. sepeninggal ayah sy alhamdulilah tdk
> mengambil warisan .. ayah sy dulu bekerja di bumn.. sy
> sedekahkan kepada bibi/tante sy yg menjanda py dua
> anak perempuan. kerja tante sy pas2 san hanya bwt
> [...]

Kirim email ke