Saya setuju kalau dalam relasi suami istri harus ada kerjasama untuk
mensejahterakan keluarga. Tapi yang menjadi ketimpangan adalah sejauh
mana apresiasi diberikan secara seimbang/adil.

didalam Qs.53:39 dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh
selain apa yang telah diusahakannya,..

Artinya ada keseimbangan antara apa yang diusahakan dgn apresiasi yang
diberikan.

Jika suami memperoleh hak kepemimpinan karena usahanya menafkahan
keluarga maka begitu pula dengan istri, bukankah ini sesuai dgn Qs.53:39.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "dinda ." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kenapa mesti ada sebutan 'suami' atau 'istri'  kenapa mesti ada
mereka, karena ada ikatan pernikahan yang didasari cinta (sebagian
karna Allah sebagian krn 'I just love u deh').
>   Dalam Islam laki-laki yang disebut suami memang punya kewajiban
yang sangat besar, seperti nafkah, penjagaan/perlindungan agar
istri/anak merasa nyaman dan aman.
>   tetapi kadang-kadang Allah ingin menguji suami atau istri
tersebut, siapa diantara mereka yang paling bertakwa, maka dibuatlah
si suami 'ga berdaya' dan istri 'penuh daya'
>   Jika si istri memang mencintai suaminya karena Allah tentu dia
akan berbagi kedigdayaannya tersebut pada keluarga pertama sebelum
berbagi dengan yang lainnya, dengan tujuan agar Allah meridainya dan
mengampuni segala dosa yang telah diperbuatnya.
>   dan si suami yang tak berdaya itu tidak terlena atau memanjakan
ketidakberdayaannya karna si istri berhati mulia namun tetap berusaha
sebanyak yang is bisa.
>   Jika ada pahala karena shodakoh yang bisa diambil untuk kehidupan
kelak diakhirat kenapa mesti disia-siakan dengan keabsahan dengan
tiada berdosanya tidak bersodakoh, kalau betul lo.
>   Semoga Allah memaafkan segala kekhilafanku dimasa2 lalu. Amin
>

> jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Pak Dana berkata :
>
> Sebenarnya urusan ini kan mudah penyelesaiannya. Rundingkan sesama
> suami istri, bagaimana kalau si istri yg mencari nafkah apakah suami
> rela mendukung? Kalau tidak ya cerai saja susah2 amat

> Jano - ko
>
> Sebaiknya sebelum diskusi lebih lanjut sebaiknya chae itu ditanya
dulu, chae itu sudah menikah belum ?, kalau Pak Dana, Pak Aly dan
jano-ko itu kan sudah nikah semua jadi cukup memahami Hukum - hukum
yang berkaitan dengan Pernikahan.

http://uk.messenger.yahoo.com