Sama-sama, mba.

Perkiraan saya soal tuduhan itu karena dari kalangan saudara sendiri
yang hadir di pernikahan saya di awal 90an komentar, "Ini kayak jaman
siti nurbaya aja, dipisah laki-pere!" ... tapi saya memaklumi karena
kebetulan yang komentar itu famili yang nasrani ...

Nah, dari pihak famili yang muslim, dari cara saya ... kami menikah,
lalu atribut lain yang oleh sejumlah kalangan mudah dikaitkan dengan
islam fundamentalis, spt jenggot, jilbab, dan semacamnya, mereka
sudah punya sikap a priori, tidak megatif si tapi tetap stereotip.
Begitu ...

Ya, saya pun ketika mencoba meyakinkan 'gaya' nikah kami yang
terpisah undangan dan mempelai laki-pere itu adalah dengan
mengingatkan cara-cara atau budaya di pakistan (kami dulu ikut alm
bapak tugas di sana) soal campur laki-pere (bahwa alm pres zia-ul-haq
pun ketika ada acara kenegaraan dan mengundang para diplomat, pihak
istana kepresidenan akan mengirim mobil menjemput para undangan dari
rumah mereka masing-masing sec terpisah, pertama suami lalu istri,
dengan pendamping yang sejenis kelaminnya, dan sampai di istana pun
langsung yang suami ke sayap istanan yang ada alm zia-ul-haq, yang
istri ke bagian yang ada istri presiden), juga sempat saya ajak ortu
ke nikahan teman yagn menggunakan cara terpisah itu. Jadi tradisi
memang tdk selalu 'mutlak' ... selalu ada cara mendobraknya, dengan
ahsan dan bil hikmah tentu, dan terbukti! :)

salam,
satriyo

===

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Makasi sharingnya, Pak Satriyo.
>
> Dari uraian Pak Satriyo di postingan ini, kira-kira apa yang
> menyebabkan Pak Satriyo akan dituduh "....walau mungkin ada yang
> menganggapnya chauvinis, biar gender atau fundies..."?  padahal
yang
> dilakukan Pak Satriyo dan isteri adalah mengantarkan anak ke
> kedewasaan, misalnya "...kami berusaha memberikan masukan pada
> mereka baik seputar pacaran, hubungan pertemanan dengan lain
> jenis..."
>
> BTW, orang Baduy Dalam juga nggak pacaran dulu sama calon
> [...]

Kirim email ke