Lik pi-i,

Saya jadi inget kata2 oscar wilde yg jadi favorit saya,

Morality, like art, is drawing a line..... somewhere.

Nah, somewherenya ini yg jadi bahan perdebatan.

Apa yg bermoral menurut saya, belum tentu bermoral menurut orang lain.

Demikian sebaliknya. Tapi perlu dibentuk garis batas yg disepakati secara
kolektif.

Dan kita sebenarnya sedang dalam proses membentuk garis batas bersama.

Mungkin diskusinya perlu diarahkan kepada pemahaman soal “sesat” dan
menyikapi yg sesat.

Bagaimana batas2 sesat dimainkan.

Kalau organisasi2 agama yg menarik iuran secara paksa dan berpraktek aneh2
terhadap anggotanya, gimana tuh?

Yg kyai-nya nge-grepe-grepelah.. belum narikin duit secara paksa ke
anggotanya, dll.

Pernah ada kejadian spt ini yg menimpa mbak-mbak yg ngebantu ngejagain
anaknya temen saya.

Atau sekte sesat yg di Jepang itu lho, yg nyuruh bunuh diri.

Atau kamp poligami yg baru ketahuan di amerika kemarin.

Jadi batasnya sebenarnya jelas: kekerasan.

Kekerasan adalah hal yg tidak bisa kita tolerir.

Dalam kasus ahmadiyah, apakah “kesesatan” mereka berwujud dalam tindak
kekerasan?

Kekerasaan apa yg telah mereka lakukan?

Yg ada, mereka yg selama ini menerima kekerasan....

Ya atas nama anti-kekerasan, ini perlu diluruskan dong.

Dan yg mengalami kekerasan harus dipulihkan haknya dan diberikan restitusi.

Simple aja kan sebenarnya cara berpikirnya, ya?

Wassalam,

Herni