From: IrwanK <[EMAIL PROTECTED]>
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 13, 2008 5:45:48 PM
Subject: [wanita-muslimah] Jangan salahkan kartunya, lihat dulu 'kelakuan'
pemiliknya - Was: Re: Kartu Kredit Syariah, Manfaat Atau Mudharat?

Sering banget sih orang yang kelakuannya salah, malah menyalahkan kartu
kredit?
Saya sendiri punya kartu kredit, Alhamdulillah, baik" aja..  gak kena
tagihan bunga
berbunga seperti beberapa 'tulisan yang menuding kartu kredit mencekik'..

Kalaupun pernah telat bayar (beberapa hari) atau bayar minimal, biasanya
tidak
melebihi 1 bulan saja.. malah sering pake fasilitas transfer balance.. yang
bisa
dicicil sekian bulan dengan bunga rendah.. bahkan 0%.. :-P

Saya sendiri punya/pake kartu kredit yang memberi fasilitas bunga 0% untuk
cicilan
3 bulan dengan minimal transaksi Rp 300.000. Seorang teman juga sangat
menikmati
fasilitas ini..

Mau lagi? Ada beberapa kartu kredit yang memberi fasilitas bunga 0% untuk
cicilan
6-12 bulan.. meskipun hanya untuk beberapa merchant saja..
Lah kalau perilakunya asal gesek saja.. tanpa perhitungan kemampuan membayar
ya JANGAN HERAN KALAU ADA YANG TERCEKIK HUTANG!!!!

Selama mentalitas mau pake gak mau/mampu bayar masih banyak terjadi, wajar
saja kalau makin banyak yang terjerat hutang bunga berbunga.. satu istilah
yang
menyesatkan juga.. kecuali kalau berhutang pada rentenir.. Pernah satu
ketika
(yang ketahuan) saudara/kakak ipar berhutang pada rentenir 1 juta (pokok),
bunganya
30.000 (3%) sehari.. atau 90% (hampir 100%) sebulan..

Saya gak punya uang cash waktu itu, akhirnya pake cash on card (kebetulan
dapat
penawaran/telepon dari bank penerbit kartu kredit), kena bunga 1.9% per
bulan
selama setahun.. begitu cair, langsung saya transfer ke sana dan minta
hutangnya
dilunasi & JANGAN BERHUTANG LAGI PADA RENTENIR..

Bagaimanapun juga bunga bank (contoh kasus ini 1.9% per bulan atau sekitar
23% setahun, tetap jauh lebih kecil dari bunga rentenir.. makanya saya
paling
kesel baca/denger orang bilang bank itu rentenir.. norak banget sih tuh
orang..
gak bisa bedain bank dengan rentenir.. :-p

FYI, kalau sekarang bunga pinjaman bank lebih kecil lagi.. saya beberapa
kali
memanfaatkan yang namanya powercash (cash dari limit kartu).. 1% per bulan
max setahun.. ngambil juga KTA 0.88% per bulan (personal) dan 0.78% untuk
mitrakarya (kolektif).. malah terakhir lihat brosur KTA 0.85% per bulan..

IMHO, Itulah pentingnya pemahaman soal pengaturan keuangan keluarga.. atau
istilah kerennya 'financing'.. yang dijadikan sebagai topik/'senjata' Safir
Senduk
dan beberapa pakar pengelola keuangan.. :-p

FYI, mungkin karena pembayaran yang relatif normal/baik, kadang powercash
saya belum lunas, sudah ditawarkan lagi.. yang penting, pinjaman yang
diterima
digunakan untuk keperluan yang jelas.. kalau bisa produktif.. :D

CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K

On Fri, Jun 13, 2008 at 4:02 PM, Lina Dahlan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   mancing nih?
>
> Saya kan cuma mengajak berbisnis secara syariah. Kalo Kartu syariah
> ini banyak mudharatnya ya tolak aja. Berarti kan mereka cuma nama
> doank.
>
> Saya juga kan mengajak bersyariah secara integritas. Saya juga gak
> minat berbisnis di bidang yang meragukan...:-)
>
> wassalam,
>
> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com <wanita-muslimah%40yahoogroups.com>,

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

This mailing list has a special spell casted to reject any attachment
....Yahoo! Groups Links

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: