rupanya eyang kadang enggak mbelgedes juga ya ?? :)
Islam dalam artian menyerah pada Gusti Allah, maka Islam ada sejak Nabi Adam,
sementara Islam dalam artian formal, maka ada sejak umat Nabi Muhammad ya baru
umur 15 abad, di mana qur'an sendiri memproklamasikan Islam sebagai dinukum.

Persoalan barang curian itu memang perlu diperjelas, musyawarah sebagai bagian
demokrasi adalah tidak asing bagi Islam, sejak adam juga mengenal musyawarah.
Namun konsep demokrasi kan memang bukan dari referensi/khazanah Islam. Maka
boleh jadi yang mengatakan demokrasi barang curian milik islam (?) adalah
diinspirasikan oleh hadits nabi yang mengatakan, "Al hikmah adalah barang
tercecer milik islam, karena itu pungutlah dimanapun berada, sekalipun di
tempat kaum kafir". Memang kesannya jadi arogan banget, bahwa karena demokrasi
boleh dikata merupakan salah satu platform terbaik dalam hidup mengelola
negara, maka karena merupakan "alhikmah" maka bisa dipungut alias diadopsi oleh
kaum muslimin. Sebenarnya demokrasi apakah bisa diterima kalangan islam ini
juga tidak aklamasi paling tidak ada kelompok islam yang menolak seperti
Ikhwanul muslimin dan Hizbut tahrir, namun inilah dinamika pemikiran dalam
Islam.

Wassalam
Abdul Mu'iz

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <al...@...> wrote:

> Dipikir-pikir bener juga yah.  Eyang ini rupanya baca Quran dengan cermat.
> Percakapan antara Tuhan dan malaikat saja membayangkan betapa kelahiran Adam
> didahului dengan diskusi yang transparan, dimana Tuhan mempertimbangkan
> untung-ruginya menciptakan Adam.  Sesudah itu Adam dan pasangannya dikasih
> pilihan-pilihan, pun mereka memilih dengan segala akibatnya, dan Tuhan pun
> ngikutin saja dengan pilihan mereka.
>
> ketemu juga diskusinya, nggak percuma kita ngaji di WM ya Putri?
>
> salam
> Mia

> [...]

Kirim email ke