The Leader In Amalia

By: agussyafii

Bagian yang paling saya suka di Rumah Amalia adalah bertanya untuk apa kalian
belajar? Anak-anak Amalia akan menjawab 'untuk menjadi pemimpin.' karena saya
mengajarkan mereka agar mereka memiliki kebiasaan seorang pemimpin. Dengan
memulai memimpin dirinya sendiri kelak mereka juga mampu memimpin ditengah
keluarga dan masyarakat.

Pernah pada suatu malam, ketika saya bersama anak-anak Amalia belajar mengaji.
Saya selalu mengajarkan 7 kebiasaan anak Amalia. 7 Kebiasaan Amalia saya
peroleh dari buku 'The Leader In Me' Karya Stephen R. Covey. saya bertanya, apa
kebiasaan pertama anak Amalia? Hampir semua angkat tangan. Duduk paling depan
adalah Egga, kakaknya bernama Eggi. 'Ayo Eggi, apa kebiasaan pertama anak
Amalia?' tanya saya.

'Menjadi proaktif..kak.'jawab Egga. 'Coba beri contoh menjadi proaktif seperti
apa?' tanya saya. 'Begini kak, menjadi proaktif, kalo saya habis makan saya
mencuci piring sendiri tanpa disuruh oleh mamah.' jawab Egga dengan semangat.
Anak-anak Amalia tertawa melihat wajah Egga yang terlihat lucu.

begitulah saya mengajarkan kepada anak-anak Amalia jiwa kepimpinan. Kepimpinan
berarti bertanggungjawab. Bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan
bertanggungjawab terhadap pilihan hidupnya. Anak-anak Amalia bertanggungjawab
atas semua kegiatan di Rumah Amalia. Kami memfasilitasi untuk semua kegiatan.
Untuk minum selalu disediakan tempat minum, anak-anak Amalia bertanggungjawab
untuk mencuci gelasnya sendiri, dengan mempercayai mereka sekaligus memberikan
mereka tanggungjawab atas semua kegiatan di Rumah Amalia membuat anak-anak
menjadi bersemangat dan lebih giat melakukan semua aktifitas. Itulah yang kami
sebuat sebagai 'The Leader In Amalia.'

-
Sebaik-baiknya pemimpin diantara kamu adalah mereka mencintai kamu  dan kamupun
mencintainya (al-hadist)

Wassalam,
agussyafii

--
Terima kasih atas dukungan dan partisipasi teman2 semua pada program 'Peduli
Kasih Amalia (PKA)' Teriring doa 'Semoga Alloh SWT membalas kebaikan teman2