  From: Herni Sri Nurbayanti
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Tuesday, July 28, 2009 11:00 AM
  Subject: [wanita-muslimah] Re: Jilbab dan pengalaman pribadi -

    Teori dimana-mana gampang utk diucapkan, mbak. Pengalamanku gak pake
jilbab, pake, gak pake lagi... satu hal yg pasti, dihujat terus :)
  Mungkin karena mind-set nya tidak berubah ya. Jilbab bukan faktor hehe. Ada
hal-hal mendasar yg tidak berubah, betapapun tampilan luar berubah :)

  Waktu saya berjilbab, saya gak pernah usil ma perempuan lain. Dulu, sempat
ada anggota milis yg enggan utk ikutan jalan2, khawatir tidak diterima karena
tidak berjilbab. Buat saya, pandangan spt itu lucu. Berarti belum kenal orang2
WM, hehe... Buat saya, jilbab adalah pilihan. Gak peduli lah orang mau pake
jilbab atau gak. Saya insya Allah gak pernah prejudice ma orang. Kalau liat
cewe seksi, kalo badannya emang bagus, kok bisa ya badan sebagus itu? kalau
badannya tidak bagus, wah, PD bener ya. Dua2nya patut ditiru, hehe. Bisa
merawat badan dan punya PD yg ok :)

  Lantas waktu buka pun, ada teman yg konsultasi nanya2 soal keinginan buka
jilbab. Saya bilang, itu jawaban (dan keputusan) yg harus kamu tanya dan pikir
sendiri. Jangan tanya orang lain, apalagi tanya gue hehehe.. Jadi saya gak
bilang apa2. Buat saya, jilbab masih sebuah pilihan.

  Tapi saya rasa kita tidak mampu lepas dari situasi sosial yang masih kuat dng
politisasi jilbab, baik yg "tradisional-konservatif atau mainstream atau
apalah" dng yg "liberal" dng tingkatannya (dari yg moderat sampai ekstrem).
Kalau pandangan yg tradisional-konservatif-mainstream mungkin sudah terwakili
dlm diskusi sebelumnya, namun kadang2 orang liberal juga suka "kepeleset"
ngomong, hehe. Mereka tentu saja berpandangan jilbab itu pilihan. Tapi pada
moment2 tertentu suka kepeleset, tanpa sadar membedakan antara yg berjilbab dng
yg tidak berjilbab... sbg sebuah simbol progresif/kritis dng yg
'kolot/tradisional'. Beberapa kali kejadian soalnya, baca di milisnya aja sih
hehe..

  Pengalaman saya sendiri, mau berjilbab atau tidak, saya selalu terjebak dalam
"dua dunia". Tradisional gak, liberal juga gak. Hehehe.. Berjilbab ataupun
tidak, perempuan selalu terjebak dalam kondisi ini. Jarang dilihat sbg sebuah
pribadi yg utuh.

  Kadang2 kangen juga ma jilbab, tapi masih mengingat pengalaman tidak nyaman
waktu pake dulu. Soalnya, kalau berjilbab, auranya keluar. Dan terus terang,
saya gak tahan dampak lanjutannya hehehe. Lucu juga sebenarnya. Makna
berjilbab, konon katanya adalah "menyembunyikan"... tapi kok yg terjadi
sebaliknya ya? Jadi lebih keliatan menonjol, gitu :D. Aku gak suka menjadi yg
menonjol2 kecuali makanan :)

  Dan pengalaman pribadi, waktu pake jilbab sih lebih nakal. Justru pas buka
sekarang relatif lebih baik dan alim. Tapi mana ada yg percaya? :D

  Mungkin memang lebih baik kalau pake jilbab setelah nikah, mungkin lebih aman
:) Meski dari segi pemikiran, keliatan agak 'culun'. Kesannya pake jilbab kok
karena suami, hehe. Padahal simply alasan praktis. Rule of thumbnya kan
Dilarang godain perempuan bersuami kecuali mau di-poliandri :)

  Kadang2 suka geli sendiri. Kalau lagi dihujat karena moral saya dianggap
tidak baik, kadang2 ada hal2 yg buat orang yg tidak bermoral spt saya pun tidak
akan melakukan itu, tapi buat mereka yg menghujat, kok melakukan ya? Kan bikin
bingung orang yg dihujat... karena kita akan berpikir gini, sebejat2nya gw
kayanya gak akan melakukan itu deh, hehehe. Apa prinsip if you point a finger
to other people, you should know that your other four fingers point at
yourself? :D

  Morality, like art, is drawing a line somewhere (oscar wilde).

  wassalam,
  Herni

  --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <al...@...> wrote:

  "akan tetapi tiu tidak cukup bila sikap dan perilaku tidak juga
dirubah.ibadah bukan hanya lahir tapi juga batinpun harus diikutkan"

  Jadi di sini Pak Dendi berbeda dengan Pak Saeful yang bilang: "ketika jilbab
di jadikan penilaian ketaqwaan itu salah"

  > Irisannya, 'cukup atau tidak' berhubungan dengan penilaian. Menurut Pak
Saeful menilai cukup atau nggak itu salah, karena jilbab adalah peningkatan
ketaqwaan, nggak bisa dijadikan penilaian ketaqwaan.

  > Lalu apa yang Pak Dendi maksud?: "Tapi yach secara fisik wanita berjilbab
cukup baik bila dibanding dengan yang tidak. akan tetapi tiu tidak cukup bila
sikap dan perilaku tidak juga dirubah.ibadah bukan hanya lahir tapi juga
batinpun harus diikutkan"

  > Perempuan jilbab secara (ibadah) fisik lebih baik daripada yang nggak
berjilbab? Dan ibadah itupun nggak cukup, tapi yang lain2 juga mesti berubah
juga? Yang nggak berjilbab kurang baiknya, lalu ibadah lainnya nggak cukup baik
dibandingkan dengan ibadah yang berjilbab?

  > Mungkin ini yang namanya blunder? Fallacy of thinking?
  >
  > salam
  > Mia

  > kerudung bagi wanita muslim,

  > menutup aurat

  > --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dendikeren amat <dendicute77@>

lantas perilakunya jadi baik. jadi ciri wanita solehah,dll. ga menjadi tolok
ukur sebagai wanita muslim yang taat biarawati juga menutup aurat, bahkan
sekarang ini jilbab lebih menjadi trends.modis,bisnis.
yang tidak. akan tetapi tiu tidak cukup bila sikap dan perilaku tidak juga
dirubah.ibadah bukan hanya lahir tapi juga batinpun harus diikutkan.

juga nggak tau sortingnya gimana.

dan kewajiban menutup aurat" dan "ketika jilbab beralih menjadi peningkatan
ketaqwaan, itu benar"

taat tahu kewajibannya menutup aurat..., lalu apanya yang salah kalau kita
pingin melihat indikator hasil dari "peningkatan ketaqwaan dari muslimah taat"
itu?

ketaatan, jadinya blio terkaget2 melihat temennya yang jilbabers begini-begitu
melanggar moral dan kepantasan itu sendiri.

dia malah merasa jauh dari khusu. Khusu ato nggak, aku lagi ngebayangin Arcon
berjenggot, bercingkrang. ..:-)