Mas Muiz,

kalo tidak salah Diana L Eck merumuskan tiga poin penting ttg pluralisme:
- pluralisme bukan (sekedar) toleransi ataupun pluralitas pasif,
- pluralisme bukan relativisme ataupun sinkretisme,
- satu lagi apa ya, lupa hehehe

maksudnya pluralis bukan berarti membenarkan semua agama, mencampuradukkan
praktek ibadah,
bukan pula sekedar toleransi menghormati keyakinan masing-masing,
tetapi harus ada "interaksi," upaya saling memahami satu sama lain.

pokoke susah deh mengungkapkan dengan kata-kata ilmiah,
tapi kalo rajin diskusi di WM ini jadi lebih cepet ngertinya :-)
Dua uraian tentang pluralisme yang paling mudah dimengerti, yang pernah saya
baca di milis WM ini
pertama oleh ustadzah Anita Tamara, (ke mana ya sekarang?),
kedua oleh ustadz Ary SP.
Silakan dicari di arsip milis ini.
Saya malah belum pernah menemukan uraian yang bagus di milis JIL, maupun
milis pluralisme ICRP.
Apalagi di milisnya Abah HMNA :-), meskipun menjejerkan puluhan istilah
keren: modernisme, posmo, positivisme, ...., mboh apa pula itu.

salam,

2010/2/2 Abdul Muiz <mui...@yahoo.com>

> Mas Muharriz,
> pemahaman latar belakang turunnya ayat atau hadits amat membantu
> menjelaskan suatu peristiwa dari ayat atau hadits ybt, interpretasi
> sebenarnya upaya memahami lebih jauh ayat atau hadits tersebut tentu saja
> bisa dikaitkan dengan konteks tempat dan waktu, itulah sebabnya islam
> disebut sholih ala kulli makan wa zaman = Islam baik atau cocok dengan
> tempat dan waktu.
>
> Back to Persoalan pluralism bisa menjadi pro dan kontra. Yang pro bisa
> merujuk quran misalnya qs yunus : 99, sementara yang anti juga merujuk quran
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: