BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajae]
587. Ismail AS atau Ishaq AS?

Ini saya dapat E-mail dari Malaysia, demikian bunyinya: "Menurut pandangan
Kristian, Ishak as adalah putera yang pertama, dan beliaulah yang akan
dikorbankan oleh Nabi Ibrahim as dengan dibakar."

Memanglah benar, menurut The Old Testament (jadi juga menurut pandangan
Kristen) Ishaq yang akan dikorbankan. Akan tetapi juga menurut The Old
Testament (jadi juga menurut pandangan Kristen) Isma'il lebih tua 14 tahun dari
Ishaq. (Baik Ismail maupun Ishaq belum diberi gelar AS karena keduanya waktu
itu belum menjadi Nabi). Jadi Ishaq bukanlah putera yang pertama, melainkan
Isma'illah putera yang pertama, seperti yang akan dibahas di bawah ini:

Salah satu dari rukun iman yang enam, yaitu beriman kepada:
-- WMA  ANZL  MN  QBLK (S. ALBQRt, 2:4), dibaca:
-- wa ma- unzila min qablika (s. al baqarah), artinya:
-- (beriman) kepada apa (Kitab-kitab) yang diturunkan sebelum engkau (hai
Muhammad). Salah satu Kitab yang harus diimani ialah Kitab Taurat, Lima Kitab,
bagian dari The Old Testament, yang diturunkan Allah melalui wahyu kepada Nabi
Musa AS. Namun perlu dicamkan bahwa yang asli sekarang sudah tidak ada lagi,
karena Kitab Taurat baru dituliskan setelah Nabi Musa AS sudah wafat. Ini dapat
dilihat dalam kalimat berikut:
-- And he buried him in a valley in the land of Moab, over against Beth-peor;
but no men knoweth of his sepulchre unto this day. And Moses was an hundred and
twenty years old when he died [Deuteronomy 34:6-7], artinya:
-- Dan dikuburkanlah ia dalam suatu lembah di tanah Moab bertentangan dengan
Beth-Peor; tetapi tak seorangpun tahu kuburnya hingga hari ini. Dan Musa
berumur seratus dua puluh tahun tatkala wafat.

Dari kata-kata dikuburkanlah ia, hingga hari ini, tatkala wafat, menunjukkan
bahwa Taurat dituliskan oleh para "sect of writers" setelah wafatnya Nabi Musa
AS, jadi seperti menuliskan Hadits RasuluLlah SAW. Bedanya ialah dalam hal
Hadits jelas orangnya terutama wataknya dari orang yang pertama yang mendengar
dan melihat langsung ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW dan secara
sinambung diteruskan kepada orang kedua, ketiga dan seterusnya hingga sampai
kepada perawi Hadits yang menuliskannya. Sedangkan pada penulisan Taurat tidak
jelas siapa para sect of writers setelah Nabi Musa AS wafat. Juga tidak jelas
jangka waktu antara wafatnya Nabi Musa AS dengan yang dimaksud oleh penulis
Taurat dengan ungkapan kata: hingga hari ini, yakni hari mulai kalimat-kalimat
[Deuteronomy 34:6-7] itu dituliskan.

Dalam kalangan Baniy Israil ada kelompok yang disebut sect of writers, sekte
penulis yang bertugas untuk menuliskan hukum-hukum Musa AS dan hikayat-hikayat
bagi yang memerlukannya. Mereka para penulis itu terkadang dipanggil dengan
nama Pendeta, terkadang dengan Tuan, terkadang dengan Rabbi. Mereka ini menjadi
pendukung dari pemerintah asing dari bangsa-bangsa Parsi, Romawi dan Yunani.
Mereka inilah yang bertanggung jawab dalam penulisan yang menyisipkan unsur
Israiliyat ke dalam Taurat. Israil adalah nama lain dari Nabi Ya'qub AS, anak
dari Nabi Ishaq AS, anak dari Nabi Ibrahim AS. Baniy Israil adalah puak etnis
keturunan Israil. Israiliyat adalah cerita-cerita produk budaya dari kalangan
puak etnis ini, karangan, ataupun imajinasi. Sebuah contoh Israiliyat, yaitu
perkara incest:
-- Thus both the daughters of Lot was with child by their father [Genesis
19:31], artinya:
-- Lalu kedua anak perempuan Luth itu memperoleh anak dari ayah mereka.
Ini termasuk Israiliyat jenis imajinasi dari salah seorang sect of writers.

Walaupun yang otentik dari Nabi Musa AS tidak ada lagi, karena dituliskan
setelah Nabi Musa AS wafat seperti dikemukakan di atas, ada yang dapat dikaji
bahwa itu adalah sisipan, seperti contoh yang akan dikemukakan berikut ini:
-- And he said, Take now thy son, thine only son Isaac, whom thou lovest and
get thee into the land of Moriah; and offer him there [Genesis 22:2], artinya:
-- Dan Dia berfirman, ambillah sekarang puteramu, putera milikmu satu-satunya
Ishaq yang kau kasihi, dan bawalah ke tanah Moria; dan korbankanlah ia di sana.

Kata yang disisipkan dalam [Genesis 22:2] adalah Isaac. Hal penyisipan kata
Isaac ini dapat ditunjukkan oleh kedua ayat yang berikut:
-- And Abram was fourscore and six years old, when Hagar bare Ishmael to Abram
[Genesis 16:16], artinya:
-- Ibrahim berumur delapan puluh enam tahun tatkala Hajar memperanakkan Ismail
bagi Ibrahim.
-- And Abraham was an hundred years old, when his son Isaac was born unto him
[Genesis 21:5], artinya:
-- Dan Ibrahim berumur seratus tahun tatkala Ishaq dilahirkan untuknya.

Kedua ayat [Genesis 16:16 dan [Genesis 21:5] itu menunjukkan bahwa Ismail lebih
tua dari Ishaq, yaitu 100 - 86 = 14 tahun. Ini adalah data numerik jadi dapat
dipercaya.

Jadi putera satu-satunya yang akan dikurbankan mestilah Ismail yaitu sebelum
Ishaq lahir. Sebab kalau Ishaq sudah lahir, lalu Ishaq yang akan dikurbankan,
Ishaq bukanlah anak satu-satunya, sebab ada kakaknya yaitu Isma'il.
Demikianlah, sebelum penyisipan Ishaq, semestinya ayat itu tanpa Ishaq, jadi
hanya berbunyi:
-- thine only son,
-- putera milikmu satu-satunya.

Secara logika kalau itu anak yang satu-satunya, maka tak perlu disebutkan
namanya, Yaitu seperti dapat dilihat dalam ayat 12: ... for now I know that you
fear God, seeing you have not withheld your son, your only son, from me
(Genesis 22:12). "Your only son", jadi tidak perlu disebutkan namanya. Latar
belakang penyisipan Ishaq itu adalah sifat rasialis dari kelompok sect of
writers yang menganggap Ismail tidak layak mendapat predikat anak sulung,
karena ibunya yaitu Hajar adalah budak dari Mesir.(*) WaLlahu a'lamu bisshawab.

*** Makassar, 10 Agustus 2003
    [H.Muh.Nur Abdurrahman]
http://waii-hmna.blogspot.com/2003/08/587-ismail-as-atau-ishaq-as.html
-------------------------------------
(*)
KJVR-Gen 16:3  And Sarai Abram's wife took Hagar her maid the Egyptian, after
Abram had dwelt ten years in the land of Canaan, and gave her to her husband
Abram to be his wife.
(terjemahan LAI: Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang
Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah
Kanaan--,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya).
Ini antara lain salah satu di antara sisa-sia Biblos yang masih asli yaitu
Hajar adalah isteri Ibrahim. Yang termasuk Israiliyat adalah her maid the
Egyptian, maksudnya Hajar adalah orang Mesir pelayan Sarah. Ini Israiliyat yang
berbau rasialis. Karena Hajar adalah bukan Bani Israil maka derajatnya
direndahkan menjadi sekadar pelayan. Padahal Ibrahim telah dikawinkan dengan
Hajar puteri Raja Mesir Salitis dari Hyksos Dynasty.

The Hyksos (The Shepherd  Kings) 1730 - 1580 invaded Egypt, and conquered the
Pharao Dynasty.
15th Dynasty
Salitis
Bnon
Apachnan (Khian)
Khamudi

Sekitar tepi danau Manzala terdapat reruntuhan kota Tanis. Kota ini pernah
menjadi kota pelabuhan yang makmur. Tidak jauh dari daerah ini terletak situs
Avaris, markas angkatan perang yang dibangun oleh Hyksos, Raja Gembala atau
Raja Tanah Atas. Dinasti Raja-Raja Hyksos, sebagai dinasti XV dan XVI
mendapatkan legitimasi dalam Dokumen Hieroglyph yang tertera dalam Daftar
Penguasa Mesir di Turin. Disebutkannya pernah penguasa Mesir Kuno tidak
bergelar Fir'aun (Per-Ah, Phar-Aoh) melainkan Raja dalam Dokumen Hieroglyph di
situs Turin itu menunjukkan mu'jizat Al Quran, oleh karena hieroglyph baru
dapat dibaca dalam tahun 1824 atas jasa Jean Francois Champollion (1780 -
1832). Al Quran telah mengisyaratkan bahwa ada ketidak-sinambungan Dinasti
Fir'aun yang memerintah Mesir, yang baru terkuak secara historis setelah
hieroglyph Mesir kuno telah mampu dibaca orang. (Nabi Yusuf AS berhadapan
dengan al-Malik [QS 12:43] dan Nabi Musa AS berhadapan dengan Fir'aun [QS
10:79]). Dinasti Hyksos dari kaum Al'Ibriyah Al Qadimah menerima kedatangan
kepala kaum Al 'Ibriyah Al Jadidah, yaitu Nabi Ibrahim AS yang datang ke Mesir.
Nabi Ibrahim AS diperlakukan baik sebagai tamu oleh Salitis, bahkan mengawinkan
Nabi Ibrahim AS dengan puterinya Salitis yaitu Hajar.

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
848. Apa yang Dapat disimak dari Drama Ismail yang Akan Disembelih ?

-- FLMA BLGh M'AH ALS'AY QAL YBNY ANY ARY FY ALMNAM ANY ADzBhK FANDzR MADzA TRY
QAL YAaBT AF'AL MA TWaMR STJDNY AN SYAa ALLH MN ALShBRYN (S. ALShFT, 37:102),
dibaca:
-- falamma- balagha ma'ahus sa'ya- qa-la Ya- bunayya inni- ara- fil mana-mi
anni- adzbahuka fanzhur ma-dza- tara- Qa-la Ya- abatif'al ma- tu'maru
satajiduni- insya- ALla-hu minash sha-biri-na (tanda - dipanjangkan
membacanya), artinya:
-- Tatkala putra itu sudah balig dan telah sanggup membantu bekerja, berkatalah
(Ibrahim): Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam tidurku bahwa aku
menyembelihmu, maka bagaimanakah pendapatmu mengenai hal ini. Berkata
(Isma'il): Hai ayah, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, engkau akan
mendapati aku, insya Allah, termasuk golongan orang yang tabah.

Untuk menghemat runagan, maka ayat-ayat selanjutnya dituliskan terjemahannya
saja.
103. tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas
pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).
104. dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim,
105. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya Demikianlah
Kami memberi Balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
107. dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.
108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu di kalangan orang-orang yang datang
kemudian,
109. Salam atas Ibrahim
110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.
112. dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang Nabi yang
termasuk orang-orang yang saleh.

Pertama-tama yang dapat disimak adalah patokan menurut Al-Quran, umur berapa
yang disebut telah balig.  Pada waktu ibunda Hajar memperanakkan Ismail umur
Ibrahim 86 tahun [Genesis 16:16]. Pada waktu Ibrahim bermimpi akan menyembelih
anak yang masih satu-satunya, anak kedua Ibrahim yaitu Ishaq dari ibunda Sarah
belum lahir. Sebagai balasan ketaatan Ibrahim akan menyembelih Ismail, Ibrahim
digembirakan Allah dengan kelahiran Ishaq (lihat ayat 112), umur Ibrahim
tatkala kelahiran Ishaq itu 100 tahun [Genesis 21:5]. Jadi Ismail lebih tua
(100 - 86) = 14 tahun, dengan demikian menurut patokan Al-Quran anak mulai
baliq pada umur 14 tahun, bukan 17 tahun menurut patokan akal manusia.

Yang kedua ayat 37:105. Sesungguhnya kamu (Ibrahim) telah membenarkan mimpi
itu. Secara harfiah Nabi Ibrahim AS membenarkan mimpi itu, yakni akan
menyembelih Ismail. Namun sebagai isyarat sesungguhnya Ismail "telah
disembelih", yaitu kegetiran hidup di padang pasir beserta ibundanya menjelang
ia remaja.

Yang ketiga ada yang perlu diclearkan:
VAYASYKEM (dan ia bangun dini) 'AVRAHAM (Abraham) BABOQER (pada pagi hari)
VAYIQAKH-LEKHEM (dan ia mengambil roti) VEKHEMAT (dan kirbat) MAYIM (air)
VAYITEN (dan ia memberikan) 'EL-HAGAR (kepada Hagar) SAM (ia meletakkan)
'AL-SYIKHMAH (atas punggungnya) VE'ET-HAYELED (dan anak itu) VAYSYALEKHEHA (dan
ia mengutus/menyuruh pergi) VATELEKH (dan ia berjalan) VATETA' (dan ia
mengembara) BEMIDBAR (pada padang gurun) BE'ERSYAVA' (Bersyeba)
Terjemahan dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI):
[LAI-Kejadian 21:14] Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta
sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya
di atas bahu Hagar.
Untuk selanjutnya hanya terjemahannya saja:
15  Ketika air yang dikirbat itu habis, dicampakkanlah anak itu ke bawah
semak-semak,
16  dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak
tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia
dengan suara nyaring.
17  Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit
kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar?
Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia
terbaring.
18  Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat
dia menjadi bangsa yang besar."
19  Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi
mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.
Ayat 14 (Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar) dan ayat 15
(didicampakkanlah anak itu ke bawah semak-semak)  menunjukkan pada waktu Hajar
"diusir" Sarah, Ismail masih bayi.

Berbeda dengan 12 mata air untuk masing-masing suku Bani Israil di gurun hasil
"ketukan" tongkat Musa, yang sekarang ke-12 mata iar itu sudah tidak ada lagi,
maka mata air yang disebutkan dalam ayat 19 sampai sekarang masih ada, yaitu
sumur zam-zam. Ayat 19 itu kurang lengkap, semestinya Hajar lari pulang balik
dari bukit Safa ke Marwah 7 kali, barulah sesudahnya itu tatkala Hajar datang
ke tempat bayi Ismail dibaringkan, muncullah mata air zam-zam dekat kaki bayi
Ismail. Kejadian ini diabadaikan dalam rangka ibadah Haji, yaitu sa'i  di
antara Safa dan Marwah.(*)

Namun ayat sebelumnya ada kontradiksi:
[LAI-Kejadian 21: 8,9] Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham
mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. Pada waktu itu Sara
melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham,
sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.
Menurut ayat di atas, Hajar "diusir" sewaktu perjamuan besar pada hari Ishak
disapih, minimum umur 2 tahun. Jadi St Hajar dan Ismail diusir tatkala Ismail
berumur 14 + 2 = 16 tahun. Bagaimana bisa jadi, remaja berumur 16 tahun ditaruh
di atas pundak, dan dicampakkan ke bawah semak-semak. Jadi tidak mungkin
tatkala Hajar "diusir" itu Ismail sudah remaja yang berumur 16 tahun, dan tidak
mungkin sebelum Hajar "diusir" Ismail bermain-main dengan Ishaq. WaLlahu a'lamu
bisshawab.

*** Makassar, 2 November 2008
http://waii-hmna.blogspot.com/2008/11/848-apa-yang-dapat-disimak-dari-drama.html
(*)
Bukti yang sangat bahwa bukan Ishaq melainkan Ismail, yaitu tidak ada dalam
kalangan Bani Israil peristiwa korban itu dijadikan upacara keagamaan yang
diritualkan, sedangkan dalam kalangan Islam pengorbanan itu diritualkan di mana
inti Ibadah Haji adalah napak tilas dari proses Ismail yang akan dikorbankan.