On 08-Jun-2001, utomo wrote:
> Ada yang tahu nggak Perl editor yang GNU GPL license, beserta URLnya
> - Crossplatform (Linux dan Windows hanya satu versi)

Maksudnya "satu versi" gimana? Kalo maksudnya dari binary yg sama impossible
kecuali Java-based (dan sejenisnya). Kalo maksudnya "look & feel"-nya sama,
baca di bawah.

> - Full server simulation  (lebih bagus)

Ini apa lagi maksudnya?

> Kalau support PHP, dan yang lain2 lebih bagus lagi

Supportnya dalam arti apa? Syntax (tepatnya lexical) highlighting aja?

Saya utk keperluan editing (perl, php, html, email, java, whatever..) selalu
pake vim. http://www.vim.org/

Kalo anda butuh lexical highlightingnya, itu dari versi 5.7 ke 5.8 aja ada
50-an file syntax yg baru, termasuk PHP4.

Vim gratis(*), ada sourcenya, ada precompiled binaries utk Windows (termasuk
latest stable), support banyak features, punya optional built-in perl
interpreter (di samping bbrp optional interpreter lain seperti python),
selain syntax/lexical highlighting juga support auto indenting, dst, yg enak
utk nulis program. Kalo sudah terbiasa pake Vim, anda juga akan sering
menemui bahwa anda bisa "mendaki gunung" hanya dg beberapa langkah.

Ganjelannya cuma membiasakan menggunakannya butuh komitmen, jika rajin
digunakan akan terbiasa dlm 2-4 minggu. Belajarnya sih nggak susah, malah
ada tutorial dan reference cardnya. Setelah terbiasa, saya jamin nggak akan
mau pindah ke yg lain.

(*) Dari ':help uganda': "Vim is Charityware.  You can use and copy it as
much as you like, but you are encouraged to make a donation to orphans in
Uganda. [...dst...]"

Kok jadi promosi yah? :)

Ronny

PGP signature