Hello Gank!

Di  hari Tuesday jam 15:38:18 GMT -0400 ( 8/21/2001 2:38 AM GMT +0700)
[EMAIL PROTECTED] menulis:

> sebelum  saya  bercerita, saya mohon maaf terlebih dahulu bagi admin
> mailing list ini sebelum Bapak membaca email ini.

No problem.

> Saya  sudah  lama  mengetahui  ada  banyak software, dan banyak cara
> untuk  menghack  email  seseorang.  Salah  satunya  adalah yang saya
> sampaikan   ini.  Dengan  cara  ini  saya  bisa  kirimkan  email  ke
> mailinglist,  memakai  alamat  email siapa saja, meskipun saya tidak
> mengutak-  atik  isi  email  dalam  email  folder  si  korban,  jadi
> statusnya  hanya  meminjam nama saja. Jadi kesimpulannya , email ini
> tidak  saya  kirim  dari  [EMAIL PROTECTED], bahkan saya sebenarnya
> bisa memakai alamat email member lain.

Betul, itu salah satu kelemahan Mailing List secara umum.

> Saya  hanya  penasaran  saja,  dan  saya coba untuk mengirimkan satu
> email   terlebih  dahulu  (email  saya  yang  sebelumnya-Kabar  dari
> Bandung),  dan  ketika  ternyata  masuk...,  wah,  ini  berarti bisa
> menjadi masalah serius di satu saat nanti.

> Ciri  email  palsu  dengan  cara yang saya gunakan ini adalah adanya
> beberapa  kalimat di akhir isi email, bisa dibandingkan antara email
> saya  ini  dengan  email  sebelumnya.  Namun ada pula cara lain yang
> lebih 'bersih' alias tidak meninggalkan jejak !

Coba jelaskan, agar saya mendapatkan "pencerahan" :-)

> Yang  saya  ingin  ingatkan adalah apakah ada cara-cara agar mailing
> list  kita  tidak  disusupi  oleh non member ? Juga bagi para member
> mailing  list  sudah  harus  waspada juga dengan email-email semacam
> ini.

Tentu, bbr hal yg sudah diantisipasi :
- Mailling List ini sengaja menampilkan complete header, yg
  menunjukkan flow messages mulai dari sender s/d final recipient
  (setidaknya mulai dari MTA-Sender). Walaupun kalau mau bisa
  dilakukan stripping out model EZMLM.

  Dg ini maka setiap member yg bisa membaca Mail Header akan bisa
  membantu List Administrator utk melakukan checking.

- ListServer ini akan checking validity of Sender Domain, MTASender
  Host; dg demikian List Administrator merasa yakin bahwa MTA Sender
  Host itu valid.

- ListServer akan check apakah MTA Sender Host masuk didalam "House of
  Shame"nya MAPS, daftar black list dari "Open Relay" Server; jadi
  jika Sender kirim mail dari Known Open Relay Server akan direject.

Dg 3 informasi diatas, tidak sulit melacak Original Sender dan
melakukan banned thd domain/host yg nakal.

> Tapi  yang jelas, dari isi beritanya saya rasa kita seharusnya sudah
> tahu mana email palsu, dan mana yang asli.

Ini benar, dan ini merupakan indikasi awal.

Sebenarnya,  masih  ada  beberapa  cara lain yg bisa dilakukan, tp s/d
saat ini saya merasa belum perlu menerapkannya (apa memang perlu ?) :

1. Change Mode dari ListServer ini dari "Private List"(hanya member yg
   bisa posting) menjadi "Secure List".

   Di mode ini, maka setiap member diberikan "password", yg perlu
   diisikan di subject saat akan posting ke Milis; tanpa password maka
   posting akan ditolak.

2. Validasi checking terhadap poster bukan hanya thd From: address tp
   juga Reply-To: address; dan validasi MTASender dicheck juga  HELO /
   EHLO command handshakingnya.

3. Setiap member saat posting *diwajibkan* menggunakan PGP (no
   encrypt), atau kalau mau lebih secure lagi, setiap posting wajib
   menggunakan Encrypted PGP dan ListServer akan checking Validasi PGP
   Sign Message tersebut (jika perlu otomatis decrypt dan saat
   distribusi dilakukan encrypt lagi; dg demikian hanya ListServer dan
   member ybs yg perlu Trust each other).

> Sekian  tulisan saya, sekali lagi saya jelaskan bahwa email ini saya
> kirimkan   tanpa   itikad  jelek,  dan  mudah-  mudahan  bermanfaat,
> selanjutnya cara ini tidak akan saya pergunakan lagi. Pesan terakhir
> saya adalah : 'Don't try this at home!' :)

Terimakasih utk pesannya.
Kalau masih banyak jalan yg "lurus" dan "terang", kenapa harus lewat
jalan "berliku" dan "gelap"

- Syafril -

Old Ekek Never Die, They Just Regenerates!
YON-1 ITB <RET> A-7911664

#...Moderator and Fellow [EMAIL PROTECTED] List Member...#

--
On-line arsip : <http://yonsatu.mahawarman.net>