Widya Çastrena Dharmasiddha !

At 11:16 24-01-2003 +0700, "Syafril Hermansyah" wrote:
>Hah kok bisa ya ?

Sewaktu saya berlebaran ke rumah salah seorang pengurus MUI Sumsel, beliau
sempat mendiamkan saya selama sekitar 10 menit. Ternyata beliau marah,
sehubungan dengan kegiatan yang dinilai sebagai pengkristenan di salah satu
kabupaten di Sumsel.

Untuk diketahui, beliau adalah salah seorang tetua yang saya temui, ketika
saya mendapatkan tugas untuk mengusahakan kegiatan kepemudaan antariman di
Kota Palembang, dalam rangka peringatan HUT ke-52 Gerakan Pemuda Gereja
Protestan di Indonesia bagian Barat (GP GPIB), pada sekitar Mei 2002. Beliau
memberikan nama pihak yang saya hubungi -sampai kini terus berlanjut- yaitu
dari kalangan Nahdlatul Ulama, baik Garda Bangsa mau pun IPPNU. Belakangan
rekans PMII ikut serta.

Saya kemudian memberikan penjelasan pada beliau, bahwa dalam Kristen sendiri
-khususnya antardenominasi Protestan- sering terjadi 'pencurian' jemaat. Hal
itu bukan sesuatu yang baik, karena masing-masing menganggap dirinya paling
benar. Setelah diskusi yang lumayan panjang, akhirnya beliau pun dapat
mengerti mengenai hal ini.

Di lain pihak, saya pun pernah beribadah dalam lingkungan bukan GPIB, yang
suatu saat pernah memutar film yang menunjukkan penganiayaan terhadap
penganut umat Kristiani di suatu negara Muslim di Afrika. Seorang pemimpin
jemaat sampai menangis, ketika memberikan tanggapannya terhadap film itu.

Sebagai seorang penganut Kristen (Protestan), kenyataan yang dilakukan oleh
kelompok-kelompok seperti PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen), merupakan hal
yang menimbulkan rasa geram dalam hati. Juga sebaliknya, jika penganut
Kristen dinilai kafir. Namun, apakah itu akan menyelesaikan masalah ?

Saya dibesarkan dalam lingkungan ayah-ibu yang berbeda agama, kemudian
selama belasan tahun -atas kehendak sendiri, untuk mengetahui- mengikuti
pelajaran Agama Islam di sekolah, sementara tetap menjalankan syariat
Kristiani, lalu akhirnya dibesarkan dalam Resimen Mahasiswa, yang melengkapi
pola pikir saya sebagai seorang Indonesia.

Adalah kesempatan emas bagi saya, ketika usul memperingati HUT tersebut,
dengan melibatkan rekans pemuda antariman, disambut hangat oleh para pendeta
GPIB di Palembang. Ini adalah penerapan nasionalisme yang sudah saya
dapatkan dan ini meyakinkan diri sendiri, bahwa Yang Empunya alam inilah
yang sudah menuntun hingga selesai kegiatan tersebut, walau ada warga jemaat
yang kurang suka.

Kegiatan itu pada dasarnya semacam 'pengumuman' pada masyarakat, bahwa
sebagai sesama saudara sebangsa, kita seharusnya saling menguatkan yang
lain, bukan menganggap yang lain sebagai si sesat. Dan buahnya kini sudah
mulai tampak, walau dari sejumlah umat masing-masing masih tampak adanya
kekurangsukaan. Kami sekarang bergerak sebagai suatu entitas, tidak perduli
perbedaan keyakinan kami.

Yang seyogyanya kita lakukan sekarang bukan lagi "Menjaga Kerukunan"
-apalagi yang menjengkelkan semacam membenarkan keyakinan sendiri dan
menyalahkan keyakinan yang lain- melainkan "Bersatu dan Bekerja Bersama".
Dan itulah panggilan untuk kita : para warga Baret Ungu !

Dulce et decorum est pro patria mori...

Sharif Dayan
Eks 90 67 060 1560
--
-== http://www.ksatrian.or.id ==-
-== [EMAIL PROTECTED] (defense matter forum) ==-