----- Original Message -----
From: Syafril Hermansyah
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: 26 Februari 2003 13:05
Subject: [yonsatu] Re: Kisah dari Negeri China

> 3 cerita di atas keren banget.
> Saduran Bu Beng Cu adalah edisi kedua (saya punya koleksinya),
> saduran/cetakan pertama yg saya baca dulu oleh Gan KL.

Buku Chin Yung memang seringkali diterjemahkan oleh lebih dari satu penyadur
secara terpisah. Maklum cerita laku dijual. Bahkan Hiap Kek Heng
diterjemahkan oleh 3 orang, OKT (Kisah Para Pendekar), Gan KL (Mendali
Wasiat) dan Can ID (Rebutan Kalung Pusaka).

---------------------------------------

> Ada beda sedikit dialeknya, Yo Ko disebut Nyo Ko

Perbedaan penulisan huruf Latin (jadi bukan dialeknya) itu karena menuliskan
pelafalan huruf Cina ke dalam huruf Latin kadang-kadang sulit, misalnya
bunyi sengau.
Sama dengan menuliskan pelafalan huruf Arab ke dalam huruf Latin, huruf Arab
yang sama dalam huruf Latin kadang-kadang ditulis "sh", lain kali "sy".

Beda dengan yang kita dengar kalau kita nonton film cersil di TV.
Yo Ko, misalnya jadi lain sekali (saya lupa apa), karena itu dialek
Mandarin, sedangkan Yo Ko (dan Nyo Ko) dialek Hokkian.

cersil, walaupun masih menulis anotasi sejarah.

> Yg ini juga keren.
> Tp apa bukannya karya Liang Ie Shen ?

Ini justru karya Chin Yung yang pertama.
Menceritakan tentang daerah Sinkiang, karena dia asal dari sana.

> 2 ini juga keren.
> Lanjutannya mungkin yg buat 'penipu' ya, si Rase Hitam dan
> Beruang Biru (jelek).

Memang ada beberapa lanjutan yang "palsu".

> Nggak begitu suka, yg ini bukan Liang Ie Shen ?

Nyatanya ini sampai diterjemahkan oleh 3 penyadur ke bah. Indonesia.
Mungkin mereka malahan menganggap ini karya Chin Yung yang paling
layak-jual...

> Ini bagus.

> Belum baca :-)

Dua cerita ini pendek sekali, karenanya oleh para kolektor dua cersil ini
sering dijilid jadi satu bundel.

> Cobain Serial Pendekar Harum Pak (yg terbitan baru saduran
> Gan KL, yg terbitan lama saduran Gan KH atau OKT).
> Serialnya si Pisau Terbang (jagoannya Lie Sin Hoan) juga keren
> (terbit baru dg judul Satria Baja).
> Atau baca Pendekar Binal (3 seri, masing-2x 20 jilid), lucu dan
> menggemaskan.

Judul-judul ini karya Khu Lung (lafal Mandarin-nya Ghu Long).
Seluruhnya dia menulis 69 judul, yang diterjemahkan ke bah. Indonesia ada
sekitar 20-an.
Gaya ceritanya memang lain dari Chin Yung dan Liang Ie Shen. Yang diutamakan
bukan jurus-jurus silatnya, tetapi alur/plot ceritanya.
Yang berminat daftar karya Khu Lung bisa memberitahu saya via japri.

Penulis terkenal yang ke-4 adalah Wang Du Lu, yang salahsatu karyanya, Go
Houw Cong Liong, dibuat film Crouching Tiger and Hidden Dragon, film Asia
pertama yang memenangkan Oscar, walau baru untuk kategori-kategori
"sampingan" saja.

Wasalam.