Saya pikir kegiatan kursus-kursus dan teori-teori kepemimpinan dan
manajemen, apalagi banyak mengadopsi dari buku-buku di gramedia
(yang kebanyakan ditulis oleh penulis2 bule) hanya akan menambah
kebingungan para mahasiswa dan menyita banyak waktu mereka.Kita lupa
permasalahan awal adik-adik kita untuk aktif di Yon I adalah masalah
waktu, dimana waktu kuliah yang padat dan sesak membuat mereka tidak
bisa melirik kegiatan extrakulikuler, kecuali yang memberi manfaat
langsung kemreka. Materi2 seperti 'Quantum Learning', 'Learning
Revolution', 'Spiritual Question/Transcedential
Intelligence/kecerdasan Ruhaniah', 'Berpikir Lateral', 'Effectif
Presentation/Discussion, dll, yang dariistilahnya saja sudah pusing,
hanya akan menambah keruwetan. Dahulu saya sering baca buku-buku
semacam ini, dan beberapa menjadi pustaka di batalyon, ketika saya
menjadi danyon. Saya pikir teori-teori yang disampaikan oleh
buku-buku (kebanyakan tersedia di gramedia) sangat positif bila
diterapkan di batalyon, eh ternyata saya keliru. Apa yang disediakan
di batalyon, terutama yang sifatnya praktek kepemimpinan dan
manajemen lebih dari pada apa yang ditulis dalam dalam buku itu.
Menurut saya kegiatan-kegiatan yang mengandung muatan kepemimpinan
yang tinggi di batalyon tetap dipertahankan seperti job-job dantim
ataupun kasie-kasie. Hanya kegiatan-kegiatan yang menyita banyak
waktu dikurangi, pemecahannya, mensingkronkan beberapa kegiatan di
menwa dengan kegiatan perkuliahan dan penelitian/TA.

Rifki Muhida

=== message truncated ===