On  Fri, 14 Nov 2003 23:53:28 +0700  Bung Syafril wrote  :

> Di daerah rumah saya dulu (nama desanya Pondok Petir, Sawangan Depok),
> petirnya berkelakuan aneh, nyambernya bukan ke "pucuk" tertinggi,
> melainkan langsung menghunjam ke tanah. Menurut ceritanya penduduk, hal
> tersebut terutama di lokasi yg tanahnya disebut "tanah luwa" (tanah
> ular

(PPS)
Pondok petir ,..daerah yang banyak petir ,...
Saya pernah survai di suatu daerah sepanjang sungai Kayeli - P.Buru ,..
daerah transmigrasi yang berdekatan dengan  MAKO , suatu daerah pemusatan
tahanan politik (eks. PKI) .
Daerah tersebut juga merupakan  "daerah operasi" petir . Kalau musim
hujan , bila sudah mendung dan petir menyambar , jangan coba2 berada
dihalaman terbuka , apalagi bawa2 HP ,.. langsung , dheessss , kobong ,..
Secara kebetulan , ketika saya menyusuri sungai tersebut , banyak
ditemukan mineral "amber" , atau getah kayu yang membatu , yang kalau di
Chekoclowakia merupakan oleh2 khas daerah sana ,..(kadang ada semut fosil
didalam batu amber tersebut) .
 Batu amber yang berasal dari getah kayu yang membatu (silicified) ,
adalah penghantar arus listrik yang baik , khususnya sewaktu dia basah .
Oleh karena itu , muatan listrik yang ada disekumpulan awan , akan mudah
meloncat keendapan yang terdiri dari banyak batu amber tersebut , nggak
peduli mesti liwat mana ,...(namanya juga sudah ..."petir" ,..)
Kalau di Pondok Petir , saya kurang mengetahui endapan mineral apa yang
ada disana , tetapi kemungkinan bisa juga endapan besi oksida (limonit
atau magnetit) ,..

> Di depan rumah saya, tiang listrik bukanlah pucuk tertinggi, masih ada
> 2 pohon fikus yg jauh lebih tinggi daripada tiang listrik (jarak tiang
> listrik ke pohon fikus sekitar 5 - 10 meter. Akan tetapi tiang listrik
> didepan rumah sering sekali tersambar petir.

(PPS)
Tiang listrik lebih kuat sifatnya sebagai penghantar listrik .
Kalau HP , karena ketika sedang  "on" dia memancarkan gelombang
elektromagnetik , maka otomatis juga bisa menerima arus listrik yang
loncat dari kumpulan awan tersebut .
Saya mendukung peringatan rekan kita untuk jangan keisengan nelpon pakai
HP diwaktu hujan ,...(biar dari bidadari mana pun ,...)

Wassalam,
Priyo PS