Konco-konco KOMANDO,

WCDS,
Memang demikian besar tantangan & beban yg harus dipikul oleh adik2 kita untuk
menyehatkan kembali Yon1, sementara beban kuliah mereka yg juga sangat berat. Disisi
lain jumlah mereka amat sangat terbatas (ndak lebih dari 10 orang).Siapa pengganti
Danyon juga masih susah dijawab, berapa orang yg akan menjadi anggota baru juga idem
dito.
Ibaratnya anak yg sedang hanyut, arus banjirnya makin besar & terjal sementara
kemampuan dan daya tahan si korban (baca : Yon1) makin loyo walhasil, diatas kertas
dia akan mati kecuali ada keajaiban. Untuk saat ini, menurut saya janganlah bermimpi
yg muluk2 ttg masa depan Yon1 yg penting lakukan resusistasi secepatnya shg bisa hidup
normal. Kita semua ingin Yon1 punya masa depan gemilang.

RESCUE TEAM
Program penyelamatan sudah banyak disusun dalam 10 tahun kehidupan Corps Menwa ITB.
Namun kenapa Yon1 tetap loyo cenderung mati? Saya pikir (dan saya yakin teman lain
juga) itu dikarenakan tidak adanya team pelaksana program yg handal. Siapa yg akan
menjalankan Crash program hasil HANATA yg lalu? Kalau dibebankan ke Anggota aktif
rasanya koq kasihan (potensi akan gagal dan/atau menambah daftar anggota yg kena
'setan' DO). Pengurus Corps? Mereka kan orang sibuk tapi banyak duitnya. Jadi untuk
kegiatan praktis-operasional-berkelanjutan mereka akan sangat susah karena terbatasnya
waktu & tenaga namun untuk financial kita percaya mereka akan all out (setidaknya
fenomena ini setahu saya terjadi dalam 10 tahun usia Corps).

Lalu siapa yg pantas jadi 'Imam Mahdi' bagi Yon1 menjalankan program penyelamatan??
Saya setuju dg e-mail Pak Herman Wijaya (sebelum ini) bahwa perlu care taker atau
apalah namanya. Bagi saya, akan lebih pas disebut Team REscue bagi orang (Yon1) yg
hanyut ditengah banjir bandang ini karena kondisinya memang sudah gawat. Dalam
beberapa e-mail terdahulu (Forum Rapat Staf dan Kompi nya Pak Rifki), berkali-kali
saya usulkan pembentukan team ini. Jika tahun 2004 kita gagal dapet anggota baru,
dipastikan Yon1 akan pindah kamar dari ruang rawat biasa ke ruang ICU mengingat dalam
tiga tahun terakhir berturut-urut Yon1 hanya mendapatkan 3 anggota / tahun.

Apa Kriterianya bagi Anggota Team REscue?? Menurut saya :
(1) Terbukti Punya loyalitas dan dedikasi yg tinggi thd Yon1
(2) Memahami masalah Yon1, tantangan internal dan externalnya.
(3) Memahami situasi perkuliahan di ITB & dunia kemahasiswaan, cukup dikenal
dilingkungan ITB
(4) Dikenal oleh kalangan alumni Senior, pengurus corps, alumni yunior dan anggota
aktif.
(5) Punya akses yg mudah untuk hadir di Bandung (Yon1 dan ITB), syukur-syukur tinggal
di Bandung
(6) Punya waktu dan tenaga untuk secara kontinyu menjalankan program yg ada.
(7) ada yg lain??

NOMO RUSWANTO
Memang susah mencari orang yg betul2 ideal. Paling tidak Komandan Team Rescue harus
seideal mungkin. Makin kita gagal menolong orang yg hanyut seiring dg bertambahnya
waktu, maka kemungkinan mati akan makin besar.
Sebagai Danteam REscue atau Care Taker atau apalah namanya, saya rasa Pak Nomo
Ruswanto cukup ideal. Soal Loyalitas jangan diragukan, dia kena 'setan' DO saat
separoh jalan menjadi Danyon. Dia pun tdk meninggalkan tanggungjawab begitu saja,
tetap pegang sbg Danyon sampai ada penggantinya. Bahkan hingga saat inipun peranannya
untuk urusan Yon1 masih tinggi. Pendek kata, dari 6 syarat diatas maka syarat 1-4
sudah ada dalam dirinya. Untuk syarat no 5-6, ini yg mesti kita bahas bersama.
Saya pernah ngobrol langsung dg Pak Nomo (mohon ijin dan sorry Pak Nomo ya jika saya
ceritakan di sini, semata-mata dalam rangka penyelamatan Yon1 koq). Dia saat ini
tinggal di Depok numpang di teman kuliahnya di Farmasi dulu (ironis memang, dia banyak
aktif di Yon1 hingga DO ketika sedang jadi Danyon tapi 'diselamatkan' oleh orang
non-Yon1). Keinginannya untuk melanjutkan kuliah masih sangat tinggi namun terbentur
biaya.
Barangkali bisa kita pikirkan Win-Win solutions : Kita minta kesediaan Pak Nomo
menjadi Danteam REscue, konsekuensinya sebisa mungkin kuliah di Bandung. Mengenai
biaya kuliah, mudah2an Corps bisa bantu atau ada solusi lain? Kita patungan?. Yg perlu
kita sadari, saya pikir kita sangat perlu adanya 'team operasional' untuk eksekusi
program penyelamatan yg ada. Team rescue ini melakukan apapun yg dianggap perlu untuk
penyelamatan tsb, termasuk yg paling crucial adalah rekrut anggota baru yg sudah
didepan mata. Seperti Pak Herman Wijaya usulkan, semoga Team ini secepatnya bisa
terbentuk dalam 1-2 minggu ini.
Ada kandidat lain yg cocok?

ANGGOTA TEAM RESCUE
Sedapat mungkin alumni muda yg punya loyalitas & dedikasi yg tinggi thd Yon1.
Sekiranya susah mendapatkannya, bagaimana jika kita rekrut tenaga profesional dari
luar Yon1. Untuk urusan administrasi kita bisa sewa mahasiswa akademi sekretaris (saya
lupa namanya), dulu saat akan Simposium dan Pameran Teknologi Hankam kita sempat sewa
mereka. Untuk tenaga operasional spt membuat & pasang poster untuk rekrut anggota
baru, persiapan latihan mingguan dll bisa dari tenaga kontrak.
Prinsipnya jangan sampai anggota aktif yg jumlahnya sangat sedikit dan Pengurus Corps
yg sempit waktunya disibukkan dg hal2 yg bersifat teknis.

Wassalam, Imam (Ekek 24).

- -
-