1. Saya setuju dengan pak Imam Arbai, kalau Nomo diangkat sebagai
komandan lapangan untuk team rescue, mengingat sepak terjangnya
selama ini yang pantang mundur menyelamatakan batalyon I, juga rekan2
alumni muda yang belum bekerja bisa dilibatkan, mungkin konpensasi
dengan gaji, minimal untuk biaya hidup, supaya bisa konsentrasi pada
operasi yang dijalankan.
2. Program ini nantinya akan di uji tahun ini, targetnya 30 mahasiwa
ITB sebelum agustus 2004, jadi kita masih ada 7 bulan. Ujian ini
menyangkut kredibilitas kita semua.
3. Mengenai iuran dana bulanan, saya pikir bisa dimulai sesegera
mungkin, dana itu akan digunakan untuk dana operasional bulanan, dan
kalau ada sisa kita manfaatkan untuk beasiswa. Iuran bisa dinyatakan
dalam paket, misalnya besarnya paket 25.000/bulan (300 000/tahun),
kalau ada alumni yang merasa berlebih, boleh mengambil beberapa
paket. Yang harus dipikirkan adalah pengumpulan iuran itu harus
dilakukan secara profesional, kalau perlu digaji orang secara khusus
untuk itu. Laporan keuangan dan kemajuan operasi bisa dilaporkan
dalam milis secara berkala.
4. Saya dengar, minggu lalu telah diluncurkan program "saving private
YON I" oleh alumni2 muda Yon I dijakarta (kebanyakan adalah mantan
danyon dan wadanyon dari tahun 1987 s.d 1998). Saya pikir program ini
bisa disingkronkan dengan program pak Susilo. Saya sudah baca
proposalnya, sangat mendetil dan dilengkapi dengan rincian biaya dan
schedule yang lumayan akurat, juga team pelaksananya. Mungkin pak Adi
Nur, Pak Yudi Yusuf, pak Purbo, Pak Imam bisa memperlihatkan proposal
dan laporan rapat "rahasia " tersebut.
5. Saya mendukung kata-kata pak Imam Arbai "Yon I tidak boleh bubar,
apapun harus kita lakukan untuk mencegah itu".
6. Joslin (26), Emil (27), Nomo(30), McEzra(30) dll, orang-orang yang
telah dinyatakan "sampah" oleh ITB dikarenakan DO, adalah orang2 yang
telah berkorban untuk keharuman nama yon I. Kehawatiran mereka yang
berlebih terhadap jalannya rebuilding yon I, mungkin dikarenakan
keprustasian yang luar biasa, mengingat pengorbanan yang telah mereka
berikan, sementara hari demi hari nasib yon I semakin terpuruk
sementar alumninya sedemikian kuat(gambaran ironis).
7. Saya ingatkan sekali lagi, waktu kita hanya 7 bulan untuk
membuktikan capabilitas kita, mari kita mulai bekerja, menyumbang dan
mencurahkan segala daya upaya untuk masa depan yon I.
8. Tahap awal yang harus kita siapkan bulan ini adalah, buat poster,
bagaimana isinya, siapa yang mencetak, bagaimana biayanya, siapa yang
menyebarkan, apa perlu gaji ofice boys, dll. Selain itu mungkin perlu
spanduk, brosur dll. Apa perlu diadakan acara minum kopi sambil
ngundang beberapa mahasiswa muda ITB, ngobrol di posko, dll...dll.
9. Untuk jalannya program ini, saya menyanggupi sumbangan 1 juta
rupiah, akan saya transfer dari osaka bulan pebruari dan bulan mei
masing 500 000 rupiah. Pak Dudung tempo hari telah menyanggupi 1
juta, berarti kita telah punya 2 juta, saya pikir untuk publikasi
tahap pertama uang 2 juta sudah cukup, mungkin untuk brosur, pranko,
amlop dll harus dicarikan dana lagi. Danyon, Rio dkk, saya dengar
masih bekerja serius menyempurnakan hompage Yon I, mungkin awal
pebruari sudah bisa kita lempar kepasar.

Rifki Muhida